Mempersiapkan Perubahan Pola Tidur Saat Bulan Puasa

tidur
TABLOIDBINTANG.COM -

BAGI banyak orang yang memiliki banyak aktivitas dan kebiasaan pola tidur yang sama setiap hari, tentunya akan mengalami beberapa perubahan saat bulan suci Ramadhan tiba.

Pastinya Anda ingin melakukan serangkaian ibadah seperti shalat taraweh, shalat malam dan sahur secara maksimal tanpa merasa kekurangan waktu tidur bukan?

Nah, berikut beberapa tips mudah mengatasi hal ini:

1. Tentukan jam tidur yang tepat

Buatlah pola tidur yang baru selama sebulan agar tidak merasa kekurangan jam tidur setiap harinya. Pastikan semua kegiatan dan ibadah telah diselesaikan dan lanjutkan dengan waktu istirahat. Jika Anda memilih tidur pukul 10 setiap malam dan bangun pukul 3 untuk sahur, usahakan tidur dan bangun pada jam yang sama setiap harinya agar tercipta pola yang dapat disesuaikan oleh cara kerja tubuh Anda.

2. Jangan gunakan tombol snooze/tunda untuk alarm

Jika Anda tipe orang yang harus bangun tidur menggunakan alarm, usahakan jangan menunda jam bangun tidur.

Ketika sudah mendengarkan alarm berbunyi, bangun dan matikan alarm lalu gunakan beberapa detik untuk meregangkan otot, menenangkan diri, segera mandi dan beraktivitas.

3. Hindari tidur larut malam

Banyak orang akan terus terjaga hingga sahur karena merasa “nanggung” untuk tidur dan masih harus menyelesaikan banyak pekerjaan.

Usahakan jangan menerapkan pola tidur seperti ini, karena akan mempengaruhi kinerja saat siang hari. Biarkan tubuh beristirahat walaupun hanya beberapa jam. Setidaknya ini akan lebih baik daripada tidak tidur sama sekali saat tubuh seharusnya beristirahat.

4. Minum air putih sebelum tidur

Saat bulan puasa tubuh akan kehilangan cairan tubuh dalam jumlah yang lebih banyak daripada biasanya.

Karena itu, dianjurkan mengkonsumsi beberapa gelas air sebelum tidur dan saat sahur agar tubuh tetap memperoleh kandungan air yang cukup. Ini juga akan membantu tubuh merasa jauh lebih segar saat bangun di pagi hari nanti.

(tika/gur)