Diet OCD Deddy Corbuzier: Adakah Pantangan Makanan?

Deddy-Corbuzier RYN
Postur Deddy Corbuzier setelah jalani diet OCD. (foto: Ryan/BI)
TABLOIDBINTANG.COM -

 

PERTANYAAN yang kerap diajukan kepada Deddy Corbuzier, adakah pantangan selama menjalani OCD?

"Tidak. Kemarin, saya masih menyantap sup kambing, nasi padang, dan rendang. Menu khas Indonesia itu enak-enak. Sayang kalau dilewatkan," jawab Deddy ringkas.

Tanpa pantangan membuat Deddy betah menjalani diet. "Lidah butuh makanan enak. Kalau tiap hari disuguhi nasi merah dan dada ayam melulu, saya tidak bisa. Saya bisa stres. Giliran ingin makan burger dan ayam goreng dilarang. Katanya itu menggemukkan. Mengapa nasi merah dan ayam tidak menggemukan? Ya iyalah, rasanya kurang bersahabat dengan lidah. Karenanya Anda tidak berselera untuk menambah porsi," lanjutnya.

Jadi sebenarnya, makan apel dan burger ayam itu sama saja. Makan apel 10 lebih menggemukan, karena 10 apel kalorinya lebih besar daripada seporsi ayam.

Hanya, tidak mungkin Anda sanggup menuntaskan 10 apel sekaligus. Kalau menyantap seporsi paha ayam itu mungkin, karena rasanya enak. Masalahnya bukan pada apa yang dimakan tetapi berapa banyak yang dimakan. Bagi yang ingin mulai diet OCD, mantan suami Kalina Oktaranny ini memberi beberapa catatan yang patut dicamkan. Mulailah dengan memberi durasi makan 8 jam makan. Setelah jam kedepalan Anda berpuasa. Silakan makan apa saja tapi jangan rakus. Ini penting.

Mayoritas orang gagal menerapkan OCD karena rakus. Misalnya, tadinya si A tidak terlalu suka tart dan cheese cake. Sejak menjalani OCD, durasi makan berbatas, si A menerapkan prinsip "enggak mau rugi." Begitu jam makan dibatasi, si A melahap apa saja. Nasi, hamburger, aneka pasta, termasuk cheese cake dan tart dalam porsi ugal-ugalan dilahap juga. Dengan kata lain, kalap.

Silakan makan apa saja dalam porsi biasa saja. Memasuki pekan kedua, naikan level OCD dari makan delapan jam menjadi makan enam jam. Setelah enam jam, tidak boleh ada kalori masuk kecuali segala kudapan yang mengandung nol kalori. Minggu berikutnya, menaikan level OCD menjadi empat jam. Dengan begitu, Anda berpuasa 20 jam.

(wyn/adm)