Pilah-pilih Model Rambut Sesuai Bentuk Wajah Ala Rudi Hadisuwarno

haircut3
TABLOIDBINTANG.COM -

BOSAN dengan potongan rambut Anda sekarang dan berencana mencoba model rambut baru? Boleh-boleh saja. Namun pastikan model rambut yang dipilih klop dengan bentuk wajah Anda.

Pakar rambut kenamaan, Rudi Hadisuwarno memaparkan, potongan rambut yang pas ialah yang mampu mempersempit bagian wajah yang lebar dan memperlebar bagian wajah yang terlalu sempit.

Untuk memilih model rambut yang sesuai dengan bentuk wajah, mintalah saran dari hair stylist langganan Anda.

"Panjang-pendeknya rambut lebih baik ditentukan dari mata stylist, karena stylist tahu benar apa yang Anda butuhkan," ungkap Rudi saat kami temui belum lama ini.

Selain model rambut, teknik pewarnaan dan posisi highlight pun dapat mengurangi area maksi di wajah Anda. Rudi menyarankan, penentuan posisi highlight nyaris sama dengan peletakan shading di wajah.

"Warna terang ditempatkan di bagian rambut yang harus terlihat bervolume dan wajah lebih kecil," ujar Rudi.

Berikut ini kami tampilkan tips-tips pemilihan potongan rambut ala Rudi Hadisuwarno, serta contoh dari para selebriti dunia dengan bentuk wajah yang khas.

Face-shape_oval_jennifer-aniston1.    Wajah oval

Beruntunglah Anda yang memiliki wajah berbentuk oval, karena Anda dapat menjajal potongan rambut apapun. Dengan wajah yang tidak terlalu panjang dan tidak pula sempit, beragam model rambut dapat Anda coba sesuka hati. Jennifer Aniston menjadi salah satu selebritis yang diberkahi dengan wajah oval. Sayangnya, Aniston kurang gemar bereksperimen dengan rambutnya, hingga ia lebih memilih zona aman, yaitu rambut panjang nan lurus atau curly sederhana.

Face-shape_round_drew-barrymore2.    Wajah bulat

Rudi menitipkan pesan yang cukup panjang bagi Anda yang berwajah bulat. Pertama, Anda harus mencari potongan rambut yang tidak terlalu pendek, tidak lebih pendek dari tulang rahang. Rambut bagian samping tidak boleh melebar, harus agak tipis, seperti model shaggy atau bob. Untuk bagian poni, usahakan untuk tidak terlalu panjang, karena dapat membuat wajah semakin bulat. Amannya, ya, tidak perlu pakai poni. Cukup buat rambut menjadi belah pinggir. Contohnya seperti Drew Barrymore.

Face-shape_square_sandra-bullock

3.    Wajah segi empat

Sama seperti wajah bulat, cukup banyak saran dari Rudi yang harus Anda catat, karena bentuk wajah kotak cukup rumit untuk ditata. Rambut bagian samping sebaiknya lebih panjang dari tulang rahang dan gunakan potongan asimetris untuk mengurangi kesan kotak. Hindari potongan belah tengah agar wajah tidak terlihat lebar, dan sebaiknya pilih belah samping. Bagi Anda yang ingin tampil dengan berponi, pilih poni yang agak bulat dan bukan poni lurus yang membuat rambut terlihat lepek dan wajah nampak melebar. Hasilnya seperti Sandra Bullock yang tampil lebih muda dengan potongan rambut yang chic.

Face-shape_oblong_angelina-jolie

4.    Wajah oblong

Bentuk wajah oblong atau panjang seringkali membuat pemiliknya terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya. Untuk mengakalinya, pilih potongan rambut samping yang tidak terlalu tipis, usahakan untuk ditata agak lebar. Hindari memilih model shaggy yang tipis. Elemen yang terpenting bagi wajah oblong ialah poni. Pilih poni yang cukup panjang hingga melewati alis untuk mengurangi panjangnya wajah Anda. Anda dapat meniru model rambut Angelina Jolie yang nampak manis dengan poni.

Face-shape_triangular_naomi-campbell

5.    Wajah segi tiga

Percayakah Anda, banyak pria yang mengagumi wanta-wanita berwajah segi tiga karena terlihat mungil dan cute. Rudi merekomendasikan potongan rambut pendek bagi Anda yang berwajah segi tiga. Rambut pendek dapat membuat Anda terlihat lebih imut, ketimbang rambut panjang yang dapat "menenggelamkan" wajah Anda. Contohnya seperti Naomi Campbell yang terlihat lebih mungil setelah memangkas rambutnya yang semula panjang menjadi pendek sebahu.

Face-shape_diamond_elizabeth-hurley

6.    Wajah diamond

Bagi Anda yang berwajah diamond alias berbentuk wajik, sebaiknya menggunakan poni untuk mengurangi kepanjangan dahi. Sebagai variasi, Anda dapat memilih poni lurus atau poni samping seperti Elizabeth Hurley yang nampak classy dengan poni yang dibentuk menyamping dan "dilempar" ke atas. Untuk rambut bagian samping, buat potongan yang agak lebar dan tidak menempel di wajah agar wajah bisa terlihat lebih kecil.

(rere/gur)