Pil KB Mengubah Daya Ingat Wanita

Pil-kontrasepsi-membuat-wanita-lebih-mudah-mengingat-suatu-informasi-secara-emosional-daripada-logis
Pil kontrasepsi membuat wanita lebih mudah mengingat suatu informasi secara emosional daripada logis.
TABLOIDBINTANG.COM -

PARA peneliti dari University of California menemukan efek lain dari alat kontrasepsi pada wanita.

Seperti diberitakan Daily Mail, Senin (12/9), pil kontrasepsi--di Indonesia lazim disebut Pil KB--dapat berdampak pada kinerja memori otak wanita, khususnya dalam mengingat suatu informasi.

Para peneliti menyatakan, wanita yang mengonsumsi pil kontrasepsi cenderung mengingat informasi dari aspek lain ketimbang wanita dengan siklus menstruasi alamiah.

Adanya perubahan hormon setelah mengonsumsi pil kontrasepsi, membuat wanita kurang mampu mengingat detil dari suatu peristiwa. Mereka justru lebih banyak mengingat suatu peristiwa secara emosional.

Penelitian yang dipimpin Larry Cahill ini mengamati bagaimana para pengguna pil kontrasepsi bereaksi terhadap suatu peristiwa. Para responden diminta untuk menyaksikan video berisi kecelakaan lalu-lintas.

Hasilnya, responden yang menggunakan pil kontrasepsi cenderung mengingat sisi trauma yang menimpa korban. Mereka juga mengingat dengan jelas bagaimana perasaan emosional muncul saat tim medis mengoperasi kedua kaki korban.

Sebaliknya, responden yang tidak mengonsumsi pil kontrasepsi dapat mengingat detil lokasi peristiwa, termasuk benda-benda apa yang ada di sekitar korban. Hal ini tidak mampu diingat responden pengguna pil kontrasepsi.

Pil kontrasepsi bekerja lewat menurunkan level oestrogen dan progesterone untuk mencegah kehamilan. Kedua zat kimia yang terkandung di otak kiri ini berkaitan dengan kemampuan wanita untuk mengingat suatu peristiwa secara logis.

“Penggunaan kontrasepsi hanya mengubah jenis informasi yang mereka ingat, bukan menurunkan level memorinya,” tutur peneliti Shawn Nielsen.

Penelitian yang dimuat di jurnal Neurobiology of Learning and Memory ini juga menjawab pertanyaan mengapa pria dan wanita mengingat suatu hal secara berbeda.

(rere/gur)