Batimung Spa, Cantik Ala Kalimantan Selatan

Martha-Tilaar-menggunakan-b
Martha Tilaar menggunakan bahan-bahan alamiah dari Kalimantan untuk varian spa terbarunya (foto: Rere/BI)
TABLOIDBINTANG.COM -

KEKAYAAN alam Indonesia seolah tak ada habisnya. Martha Tilaar Salon Day Spa mencoba membuktikannya dengan meluncurkan seri perawatan tubuh terbaru yang terinspirasi dari kekayaan alam Kalimantan.

Batimung Spa, perawatan tubuh yang terdiri dari bahan-bahan alami seperti temugiring, daun jeruk, kenanga, melati, pandan, akarwangi, dan minyak kelapa muda. Batimung –yang berarti ‘sauna’- merupakan bagian dari adat masyarakat Banjar, Kalimantan Selatan. Ritual ini wajib dilakukan para calon pengantin di malam sebelum hari pernikahan. Tujuannya agar tubuh tetap harum dan segar saat menjalani serangkaian prosesi pernikahan yang melelahkan.

Dalam perawatan Batimung Spa, terdapat beberapa tahapan yang berlangsung selama kurang lebih 120 menit. Berikut ini tahap-tahap perawatan dalam Batimung Spa.

Barandam Batis (Foot Ritual) – Kaki dicuci dan dipijat dalam rendaman daun jeruk dan irisan sereh. Tahapan pertama ini berfungsi untuk membersihkan kaki, mematikan jamur dan bakteri, serta merilekskan saraf. Waktu: 5 menit.

Cengkaruk (Body Scrub) – Perawatan lulur cengkaruk menggunakan scrub yang mengandung beras ketan, bunga mawar, cempaka, kenanga, temugiring, daun jeruk, buah jeruk, dan minyak atsiri dari masing-masing bahan. Berfungsi untuk menutrisi kulit dan mengangkat sel kulit mati. Dalam perawatan ini, tubuh dipijat dengan teknik pijat rotasi untuk melancarkan peredaran darah dan mencegah kulit lecet. Waktu: 15-20 menit.

Ba’urut (Body Massage) – Inilah bagian inti dari rangkaian Batimung Spa. Dengan minyak lala’an dan Babanyon oil, tubuh dipijat untuk membuang sisa-sisa metabolisme tubuh dan meredakan otot tegang. Minyak lala’an terbuat dari sari kelapa hijau yang mengandung mineral kalsium vitamin A dan C. Tubuh dipijat dengan beberapa jenis pijatan khusus, seperti teknik pijat hilir dan hulu, teknik cubit, dan lainnya. Waktu: 50 menit.

Bakasai (Body Mask) – Berkhasiat mengharumkan dan melembapkan kulit tubuh dengan sari beras dan parutan temugiring, serta jeruk purut. Waktu: 5 menit.

Batimung (Body Steam) – Sesuai dengan makna aslinya, batimung berarti sauna. Tubuh diuapkan dengan beragam bahan alami agar pori-pori terbuka, membantu mengeluarkan toxin, keringat berlebih dan mengharumkan tubuh. Waktu: 5 menit.

Barandam Awak (Body Bathing) – Berendam dalam air yang dicampur dengan air steam yang sudah keluar sari-sarinya, serta wewangian aromatik. Terdapat tiga varian aromatik yang dapat Anda coba, yaitu Pengantin (campuran sandalwood, rose, jasmine, dan kenanga), Babanyon Relaxing (sari pala dan serai), serta Batimung Energizing (cengkeh, kayu putih, dan peppermint). Waktu: 15 menit.

Masker Bedak Bangkal – Tahapan yang satu ini khusus untuk varian treatment Pengantin. Tubuh dimasker dengan bedak bangkal dan putih kuning ma’ambur pupur yang mengandung vitamin E.

Rangkaian perawatan ini ditutup dengan meminum selasih yang dapat menyembuhkan panas dalam. Seluruh rangkaian perawatan ini juga aman bagi Anda yang memiliki kulit sensitif dan tidak menyebabkan alergi.

"Takaran Babanyon oil yang digunakan dalam perawatan ini tidak menyebabkan masalah karena bahan-bahannya aman dan dapat menghangatkan kulit", ujar Mien Rogi, trainer dari Martha Tilaar Salon Day Spa, saat peluncuran rangkaian perawatan ini, Kamis (8/12).

(rere/gur)