Sering Buang Air Kecil di Malam Hari, Apa Penyebabnya?

finally-peeing1
TABLOIDBINTANG.COM -

SERING terbangun di malam hari karena ingin buang air kecil? Rasanya menyebalkan bukan, karena hal ini seringkali membuat rasa kantuk hilang.

Untuk meneliti mengapa keinginan untuk buang air kecil sering datang di malam hari, sekelompok ilmuwan asal Jepang mengamati organ dalam tikus putih yang sistem buang airnya hampir sama seperti manusia.

Para peneliti menemukan kinerja sel-sel otot kandung kemih tikus diatur oleh ritme circadian, yaitu jam biologis yang mengontrol kapan seseorang harus tidur dan bangun. Jika ritme circadian dalam tubuh tergolong normal, intensitas buang air kecil di malam hari akan menurun, sehingga tidur pun lebih nyenyak tanpa ada gangguan. Sebaliknya, jika ritme ini kurang teratur, keinginan untuk buang air kecil pun semakin tinggi.

YouBeauty memberitakan, para peneliti juga menemukan adanya protein spesifik yang mengatur kinerja kandung kemih, yaitu Cx43. Protein ini terdapat pada sel-sel otot kandung kemih dan sangat dipengaruhi oleh gen. Cx43 juga menentukan seberapa banyak urine yang dikeluarkan dan seberapa sering Anda harus buang air kecil. Semakin rendah kadar Cx43 dalam tubuh, semakin sering pula keinginan untuk buang air kecil.

Bagi Anda yang mengalami kondisi ini, tak perlu kuatir. Menurut Beri Ridgeway, urogynecologist dari Cleveland Clinic, kondisi ini tidak berbahaya asalkan tidak lebih dari dua kali dalam semalam.

“Jika Anda buang air kecil lebih dari dua kali dalam semalam, mungkin Anda mengidap nocturia,” ujarnya.

Nocturia atau nocturnal polyurial ialah keinginan buang air kecil di malam hari yang begitu intens hingga Anda tak dapat tertidur lagi setelahnya. Kondisi ini dapat menyebabkan gangguan tidur yang lebih berbahaya. Jika Anda mengalaminya, segera hubungi tim medis.

(rere/ade)