Tambalan Gigi Terlepas, Apa yang Harus Dilakukan?

perawatan-gigi
TABLOIDBINTANG.COM -

MENAMBAL gigi menjadi prosedur medis yang wajib dilakukan saat gigi berlubang.

Namun pengerjaan yang kurang teliti dan kualitas bahan tambal yang kurang baik dapat membuat hasil tambalan tidak bertahan lama.

Tambalan gigi lepas sudah bukan hal aneh, namun tetap saja perlu dihindari.

1.    Jangan sampai tertelan
Jika tambalan gigi lepas, segera keluarkan dari mulut agar tidak tertelan. Jika tertelan, ada dua kemungkinan, langsung “mendarat” di lambung atau tersangkut di jalur pernapasan. Jika tersangkut dapat menyebabkan infeksi.

2.    Hubungi dokter gigi
Hubungi dokter gigi segera setelah tambalan terlepas. Segera tambal kembali gigi yang berlubang agar tidak menyebabkan infeksi di bagian gigi dan gusi.

3.    Jaga kebersihan gigi
Jika Anda tidak dapat segera menambal gigi, pastikan kebersihan gigi tetap terjaga. Gigi yang berlubang kembali terekspos dan dapat dengan mudah menjadi tempat persembunyian bakteri-bakteri membandel. Sikat gigi dengan perlahan untuk menghilangkan sisa-sisa makanan.

4.    Gigi sensitif
Karena bagian lubang di gigi terekspos, gigi pun menjadi lebih sensitif. Ini disebabkan karena bagian dentin tubula yang terekspos merupakan jalur penghubung antara dentin dan akar gigi. Jika gigi terasa nyeri, segera konsumsi obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen.

 

dari Berbagai Sumber

 

(rere/gur)