7 Persiapan Menjelang Berpuasa (Bag.1)

bahan-pokok-makanan
TABLOIDBINTANG.COM -

BULAN suci Ramadhan tinggal menghitung hari. Satu minggu menjelang berpuasa, ada baiknya jika Anda mulai mempersiapkannya sedari sekarang.

Ada 7 persiapan yang dapat Anda lakukan dalam menyambut bulan puasa. Tak hanya persiapan fisik, tapi juga mental agar dapat terus beribadah dengan maksimal.

Persiapan #1: Persiapan di Dapur

Walau tidak makan dan minum di siang hari, konsumsi masyarakat justru meningkat pada bulan puasa. Inilah sebabnya mengapa harga bahan pokok cenderung melambung.

Agar tidak terbuang percuma, ada baiknya jika Anda mulai menyusun daftar menu dan bahan masakan apa saja yang diperlukan untuk sahur dan berbuka.

1. Telur
Telur mengandung protein yang baik untuk kinerja otak dan tubuh secara keseluruhan. Selain dijadikan bahan utama dalam menu masakan, seperti telur dadar atau telur ceplok, Anda juga dapat menggunakan telur sebagai bahan pelengkap menu lainnya agar asupan protein dalam tubuh tetap terjaga. Misalnya, mencampurkan telur orak-arik dalam resep tumisan yang dicampur aneka sayur.

2. Ikan
Sama seperti telur, ikan juga berfungsi untuk memperkuat kinerja otak. Menurut sebuah penelitian di Jepang, hewan laut ini juga ampuh dalam mempertajam ingatan, sehingga Anda dapat terus berkonsentrasi di siang hari walau dengan perut kosong. Sajian ikan amat baik disantap saat sahur, sehingga Anda tak perlu kuatir kehilangan konsentrasi saat bekerja di siang hari, begitu juga bagi si kecil di sekolahnya.

3. Sayur
Mengonsumsi sayur berkuah terbukti lebih ampuh menghilangkan rasa haus, lapar, dan lemas saat berpuasa. Penyebabnya ialah rasa segar yang dihasilkan sayur dan kuahnya dapat mencegah tubuh dari kekeringan. Selalu tambahkan sajian sayur dalam menu sahur Anda agar tubuh tetap segar di siang hari.

4. Daging
Siapa bilang lemak hanya bisa bikin gemuk? Lemak juga penting dalam memproduksi energi sebagai motor penggerak aktivitas tubuh sehari-hari. Menu berbahan daging dapat Anda sajikan saat sahur sebagai modal energi di siang hari, maupun saat berbuka untuk me-recharge energi yang terpakai selama berpuasa.

5. Minyak Goreng
Pilih minyak yang baik bagi tubuh dan tidak menyebabkan resiko kolesterol. Anda dapat memakai minyak zaitun (olive oil) untuk hasil masakan yang lebih sehat dan tidak berbahaya bagi tubuh. Ingin lebih sehat, sekaligus menyedapkan masakan? Gantikan minyak goreng dengan mentega. Pastikan Anda tidak menggunakan garam dan bumbu penyedap terlalu banyak, karena mentega sudah cukup memberi rasa asin pada masakan.

6. Lalapan
Bagi Anda yang senang menyantap lalapan, boleh-boleh saja melahapnya saat sahur maupun berbuka. Pilih lalapan daun atau lalapan segar seperti mentimun atau labu siam yang direbus untuk menyegarkan mulut dan tenggorokan. Pssst... Lalapan juga ampuh menangkal bau mulut, lho!

7. Buah
Sudah cukup dengan appetizer dan main course, sekarang giliran makanan penutup. Sediakan buah-buahan untuk menyempurnakan hidangan sahur dan berbuka agar tubuh tetap segar dan bugar. Pilih buah-buahan segar dan mengandung banyak air untuk sahur, seperti semangka, apel, atau jeruk. Sedangkan untuk berbuka, Anda dapat menyantap kurma, atau sajian khas berbuka puasa, seperti es kelapa muda atau kolak pisang.

8. Resep masakan
Persiapan yang satu ini juga tak kalah penting. Susun resep masakan yang akan Anda sajikan untuk sahur dan berbuka selama berpuasa. Menyusun menu amat penting agar tidak merasa bosan dengan menu sahur dan berbuka yang itu-itu saja. Jika Anda telaten menghitung kadar gizi dan kalori, menyusun daftar menu juga bermanfaat untuk menjaga asupan gizi dalam tubuh. Ingin tahu apa saja menu yang oke untuk sahur dan berbuka puasa? Contek saja di subkanal 'resep' TabloidBintang.com.

 

(Bersambung)

 

(rere/gur)