Suci Utami: Memulai Tutorial Hijab Lewat YouTube

gaya-hijab-Suci-Utami-yang-simpel
Suci Utami
TABLOIDBINTANG.COM -

Sebelum menekuni profesi tutor hijab, Suci Utami (25), yang juga tergabung dalam Hijabers Community, merancang busana muslim.

Sekitar satu setengah tahun silam, dia memulai bisnis di bidang mode dengan meluncurkan lini Such! By Suchi Utami. “Saya memanfaatkan peluang saat itu yang bagus di bidang mdoe muslim, terutama hijab bahan kaus. Kebetulan saya memiliki ketertarikan lebih di seni desain, seperti hobi menggambar dan senang bereksperimen dengan warna dan bahan,” buka Suci.

Tapi, karena produknya agak “lain dari biasanya” -- Suci menjual pashmina bahan kaus dengan ukuran lebih besar dibanding produk pashmina yang telah lebih dulu ada, 2 m x 75 cm -- terpikirlah sebuah ide. “Sadar mungkin pelanggan kesulitan mengenakan hijab model itu, jadilah saya mulai memberikan tutorial melalui video yang dibuat dan diunggah sendiri ke Youtube. Kebetulan saya sendiri suka bikin-bikin kreasi hijab sambil berkaca, hehehe,” cerita Suci.

“Jadi pelanggan yang tadinya tidak mengerti cara memakai hijabnya, bisa mengerti dan bereksperimen dengan gayanya sendiri,” papar lulusan S2 Marketing Communication The London School of Public Relations, Jakarta.

Seiring waktu, Suci menerima sejumlah tawaran untuk memberikan tutorial hijab langsung di hadapan audiens. “Ya, ada beberapa acara yang mengundang saya untuk tampil sebagai tutor hijab. Jadi ini profesi yang terjadi begitu saja, berkenaan dengan apa yang saya lakukan sebelumnya,” kata Suci yang memiliki blog Last Minute Girl.

Belakangan, Suci resmi meluncurkan DVD tutorial yang berisi gaya-gaya hijab berikut langkah-langkah menggunakannya. Kreasinya cocok bagi mereka yang menyukai gaya hijab penuh warna, namun simpel tanpa banyak aksesori.

Tentang berhijab itu sendiri, Suci menemukan hidayah pada 2010, setelah pulang umrah. “Alhamdulillah, Allah memberi saya hidayah untuk menutup aurat. Mulanya, gaya hijab saya juga biasa-biasa saja. Lalu saya eksperimen sendiri, coba-coba, alhamdulillah, jadi seperti sekarang, bergaya dengan berbagai model hijab dan berbagi inspirasi gaya hijab kepada sesama Muslimah,” tutur Suci, yang tengah hamil 7 bulan dan masih sibuk berkarya.

Pada 3-4 Agustus 2012, dia masih tampil sebagai pembicara tamu di acara Hijabee Festival di Surabaya. Wow! “Ada kebanggaan tersendiri melihat orang-orang yang mempelajari tutorial dari saya, kemudian lebih percaya diri dengan hijabnya. Subhanallah,” pungkasnya.

(wida/adm)