Apa yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Gempa Bumi?

gempa-bumi
TABLOIDBINTANG.COM -

MUSIBAH gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Jepang hari ini menggetarkan hati siapa saja yang melihatnya. Walau tergolong “langganan” gempa dan tsunami, bagi warga Jepang tetap saja bencana alam yang satu ini patut diwaspadai.

Sebagai bencana yang tak dapat diprediksi kedatangannya, gempa bumi menjadi salah satu bencana alam yang paling banyak memakan korban jiwa dan benda. Walau tak bisa diramal kapan akan terjadi gempa, Anda tetap bisa meminimalisir timbulnya korban dan kerugian akibat gempa.

- Jika berada di dalam rumah dan tak sempat berlari keluar, berlindunglah di kolong meja atau tempat tidur. Jangan berdiri di dekat jendela, pintu, dinding, lemari, peralatan elektronik, serta sumber api.

- Amankan benda-benda berat di rumah Anda. Ikat atau taruh benda-benda yang mudah pecah di tempat yang aman. Gunakan penahan untuk furnitur berukuran besar dan tinggi yang dapat membuatnya menempel rapat di tanah. Dengan cara ini, Anda akan terhindar dari resiko tertimpa lemari, rak buku, atau furniture tinggi lainnya.

- Jangan menaruh benda apapun di atas tempat tidur, seperti lukisan, foto berbingkai atau rak buku. Lakukan cara ini agar kepala Anda aman dan tidak tertimpa benda berat jika terjadi gempa di saat Anda tidur pulas.

- Pasang kunci di setiap furnitur yang memiliki pintu atau laci. Gempa dapat membuat laci lemari terdorong keluar, membuka pintu lemari yang tak terkunci dan menjatuhkan isinya.

- Jika Anda berada di gedung tinggi, segera selamatkan diri melalui tangga darurat. Jangan gunakan lift atau elevator. Listrik yang digunakan di lift dan elevator sewaktu-waktu dapat padam atau konslet saat terjadi gempa.

- Cari lapangan terbuka yang jauh dari bangunan, tiang listrik, atau pohon yang sewaktu-waktu dapat jatuh menimpa Anda. Begitu pula saat Anda berada di kendaraan. Hentikan kendaraan di tempat sepi, hindari jalan layang, papan billboard, rambu dan lampu lalu lintas, tiang listrik, serta pohon yang dapat jatuh menimpa Anda.

- Selalu sediakan fire extinguisher di rumah untuk penyelamatan jika terjadi kebakaran akibat listrik konslet saat gempa.

- Segera hindari area pantai, karena selalu ada kemungkinan terjadinya tsunami pasca gempa. Begitu pula dengan area pegunungan, karena gempa dapat menyebabkan tanah longsor.

- Selalu siapkan kotak P3K yang mudah dijangkau jika terjadi kondisi darurat dan luka-luka.

- Untuk menghindari kerugian materiil, pastikan rumah dan benda-benda berharga milik Anda sudah diasuransikan.

dari Berbagai Sumber

(rere/gur)