Menyikapi Pubertas Anak, Najwa Shihab Terbantu dengan Pendidikan di Sekolah

najwa-shihab-bi1
Najwa Shihab (Dok.BI)
TABLOIDBINTANG.COM -

Satu permasalahan psikologi anak remaja yang sedang dihadapi Najwa Shihab bersama suaminya Ibrahim Sjarief Assegaf adalah masalah pubertas.

“Untuk masalah ini, jujur, cukup terbantu dengan program yang ada di sekolahnya Izzat. Beberapa bulan menjelang naik kelas 6, ada tugas membuat karangan dari sekolah dengan tema puberty. Ada poin-poin pertanyaan seperti apa dan kenapa ada mimpi basah, kenapa anak perempuan menstruasi dan sebagainya. Anak diminta mengerjakannya bersama-sama orang tua. Otomatis, kami jadi membicarakannya,” Nana takjub. “Karena sekarang, kan paradigmanya memang 'you have to talk about it'. Lega kami (sudah) bisa melakukannya.”

Namun, bersamaan dengan itu, Nana juga menyadari anaknya benar-benar telah tumbuh besar. Bukan anak kecil yang dulu ditimang-timangnya lagi.

“Naluri ibu, pasti akan selalu menganggap anaknya masih kecil terus. Selalu ingin bantu, ikut campur, bertanya ke guru kalau ada apa-apa, seperti dulu biasa saya lakukan. Tapi, tentu saja, itu tidak seharusnya dilakukan lagi. Yang kami pikirkan sekarang adalah bagaimana membiasakan dia untuk bisa memecahkan masalahnya sendiri,” kata Nana yang mendapat bantuan suami untuk urusan pubertas anak laki-laki yang lebih detail.

“Tarik ulur untuk tidak terlalu overprotected, inilah yang sedang saya hadapi. Harus melawan itu, demi kebaikan dia juga ke depannya,” pungkasnya. Semangat, Mbak!

(wida/adm)