Siapkah Anda Beralih Profesi?

Resign. alih profesi, tips kerja
(Foto:Dok.Ist)
TABLOIDBINTANG.COM -

BERALIH profesi pastilah sebuah langkah besar dalam karier. Sebelum seseorang mengambil keputusan ini, tentu banyak hal dipertimbangkan.

Ketakutan akan salah langkah biasanya momok paling mengerikan yang dihadapi mereka yang sedang mempertimbangkan untuk beralih profesi. Benarkah langkah yang akan diambil membawa perubahan nasib lebih baik? Karenanya, pertanyaan ini selalu berkali-kali ditanyakan dalam hati: seberapa siapkah saya beralih profesi?

Untuk mengetahui jawabannya, menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini mungkin akan membantu Anda mengetahui sejauh mana kesiapan Anda untuk meninggalkan profesi lama dan beralih ke dunia kerja baru.

1. Mengapa Anda ingin beralih profesi?

  1. Beberapa minggu belakangan saya selalu stres, dan saya sudah tak tahan.
  2. Saya tak cocok lagi dengan tim, dan tak cocok dengan budaya perusahaan.
  3. Ini pekerjaan ketiga saya di bidang yang sama, dan saya masih tak bisa mendapatkan posisi yang saya inginkan.

2. Berapa lama Anda bekerja di bidang yang sama?

  1. Beberapa bulan.
  2. Dua-tiga tahun.
  3. Lima tahun lebih.

3. Apa saja yang sudah Anda lakukan dalam mempersiapkan diri untuk beralih profesi?

  1. Belum ada, tetapi itu tak akan sulit.
  2. Saya mulai berpikir apa lagi yang ingin saya lakukan dan mulai mencari kesempatan.
  3. Saya sudah membuat rencana. Saya menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari industri baru, dan mulai mengatur beberapa pertemuan makan siang dengan orang-orang di industri itu.

4. Apakah sudah tahu apa yang akan Anda lakukan setelah ini?

  1. Tidak, saya tak punya waktu memikirkannya, karena saya sangat sibuk dan stres.
  2. Saya sudah memikirkannya, tetapi tak tahu pekerjaan apa yang bagus selain yang saya kerjakan sekarang.
  3. Ya, saya tahu apa yang ingin saya lakukan untuk saat ini, saya hanya belum mendapatkan kesempatannya.

5. Apa yang ingin Anda lakukan untuk segera merealisasikan alih profesi?

  1. Menghabiskan beberapa jam seminggu untuk mencari pekerjaan baru.
  2. Bertemu konselor karier untuk berdiskusi soal pilihan karier saya.
  3. Mengambil kursus tiga hari seminggu untuk meningkatkan kemampuan yang dibutuhkan untuk profesi yang baru.

Hasil

Kebanyakan jawaban A: Belum menemukan alasan yang tepat

Memang berat rasanya menjalani hari-hari tak menyenangkan di kantor. Tetapi hati-hati, jangan bertindak gegabah sebelum Anda benar-benar mendapat kesempatan beralih pekerjaan. Ketika merasa stres, akan mudah bagi seseorang menyatakan diri ingin keluar dari pekerjaannya.

Tapi jika berpikir jernih, temukan dan selesaikan problem yang dihadapi, kesalahannya mungkin tidak terdapat pada pekerjaan Anda. Mungkin Anda butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan posisi Anda di pekerjaan sekarang, dan normal sekali jika Anda merasa frustrasi karenanya.

Namun begitu Anda menemukan tempat dan cara yang nyaman, mungkin Anda akan menikmatinya.

Kebanyakan jawaban B: Siap pindah kerja, tetapi bukan alih profesi

Sepertinya Anda sedang berjuang dengan pekerjaan yang sekarang dijalani. Anda ingin keluar dari lingkungan yang tak menyenangkan, tetapi tidak tahu harus beralih kemana. Sebelum melakukan peralihan profesi, pertimbangkan masak-masak apakah (pekerjaan) yang ingin Anda kerjakan. Buatlah daftar apa yang Anda suka dan tidak sukai dari pekerjaan yang sekarang.

Jika kebanyakan hal yang tidak disukai terkait dengan lingkungan kerja, sepertinya yang Anda butuhkan tempat kerja baru, bukan profesi baru. Sebenarnya Anda menyukai elemen dasar dari pekerjaan Anda sekarang, tetapi belum menemukan tempat yang pas.

Kebanyakan jawaban C: Sudah siap beralih profesi

Jika kebanyakan jawaban Anda C, kemungkinan Anda seseorang yang telah menggeluti satu profesi selama bertahun-tahun, sempat berganti-ganti perusahaan namun tetap di bidang pekerjaan yang sama, namun masih belum menemukan kepuasan di pekerjaan itu.

Anda juga telah mengambil beberapa langkah untuk mempersiapkan diri beralih profesi, termasuk mengetahui apa yang akan dilakukan selanjutnya. Anda menyadari, beralih profesi adalah hal besar, jadi alih-alih terburu-buru melangkah, Anda melakukannya dengan sangat berhati-hati. Mulai dari memelajari seluk beluk profesi baru yang ingin digeluti, menambah kemampuan, dan membangun relasi dengan orang-orang di bidang tersebut.

Satu hal, pastikan bahwa profesi baru Anda adalah sesuatu yang benar-benar Anda inginkan dan Anda bisa membayangkan diri Anda sukses dengan hal itu dalam beberapa tahun mendatang. Berhubung tak ada jaminan Anda pasti bahagia dengan profesi baru, mempersiapkan semuanya dengan baik akan memberikan kesempatan Anda berbahagia.

(riz/adm){jaThumbnail Off}