Melihat Bagaimana Emosi Berpengaruh Pada Kinerja Organ Tubuh

emosi
ilustrasi
TABLOIDBINTANG.COM -

BIASANYA seseorang akan merasakan perubahan aktivitas yang kian meningkat pada bagian tubuh tertentu saat kondisi mental berubah.

Hal tersebut ternyata bukan tanpa alasan, namun dipengaruhi oleh perubahan yang emosi dan sensasi fisik yang terjadi dalam tubuh yang kemudian terkait erat dengan warna.

Ini dibuktikan melalui riset yang dipublikasi dalam Proceedings of the National Academies of Sciences yang mengemukakan bahwa emosi manusia cenderung mempengaruhi tubuh secara konsisten, demikian dilansir The Atlantic, baru-baru ini.

Berdasarkan 5 eksperimen dari 701 peserta, masing-masing diperlihatkan dua siluet tubuh bersama kata-kata, kisah, film dan ekspresi wajah. Mereka diminta mewarnai bagian tubuh berdasarkan aktifitas yang paling dirasakan saat melihat setiap stimulus.

Warna merah dan kuning ditujukan bagi perasaan dan sensasi yang menguat dan lebih positif, sedangkan biru dan hitam untuk perasaan yang semakin melemah seperti sedih atau marah terhadap sesuatu.

Diketahui, emosi dan perasaan umumnya dirasakan mulai dari bagian dada, kepala hingga bagian tubuh lainnya.

Peneliti juga mengemukakan bahwa perasaan yang dialami cenderung lebih mempengaruhi detak jantung dan suhu kulit. Ini digambarkan melalui ilustrasi emosi berdasarkan warna yang kemudian dimanfaatkan untuk melihat sensasi fisik terkait perbedaan emosi yang muncul.

(tika/gur)