Charger iPhone 5 Dibuat Lebih Kecil

charger-iPhone
TABLOIDBINTANG.COM -

OKTOBER mendatang, iPhone 5 siap diluncurkan. Ada yang berbeda dari seri pendahulunya.

Seperti diberitakan Reuters, Senin (23/7), perbedaan yang cukup mencolok pada iPhone 5 ialah dock connector untuk charger yang lebih mungil.

Jika sebelumnya iPhone dilengkapi dengan connector 30-pin, kini ukuran connector-nya hanya 19-pin. Penyusutan connector ini bertujuan agar rangka iPhone 5 memiliki ruang yang cukup untuk menempatkan port earphone di bagian bawah.

Ini berarti iPhone 5 tidak dapat dikoneksikan dengan charger iPhone seniornya, serta beragam aksesoris lain, seperti speaker.

Huffington Post mencatat, hal ini mungkin cukup merepotkan bagi pengguna lama iPhone karena harus membeli aksesoris baru. Namun di sisi lain, hal ini juga membuka kesempatan berbisnis bagi para produsen aksesoris ponsel.

“Connector iPhone dibuat dengan standar yang sama dalam waktu yang cukup lama. Connector yang baru memberi perubahan bagi Apple, sesuai dengan harapan saya,” ujar Pete Cunningham, pengamat tekno dari Canalys.

Connector yang lebih mungil ini juga diprediksi menjadi tanda bahwa iPhone 5 diproduksi dalam bentuk yang lebih ramping dan tipis. Benarkah? Tunggu saja tiga bulan dari sekarang.

(rere/gur)