10 Aplikasi Terbaik untuk Anak di Tahun 2012

Angry-Birds-Space-siap-meluncur-di-luar-planet-bumi
TABLOIDBINTANG.COM -

BERBAGAI aplikasi menarik bermunculan setiap harinya.

Sebagian mengusung ide orisinil, sebagian lagi mengekor popularitas pendahulunya. Sebagian dapat membantu aktivitas sehari-hari, sebagian lagi dapat menjadi sarana hiburan dan edukasi.

Situs LilSugar baru-baru ini merilis daftar 10 aplikasi terbaik bagi anak di tahun 2012. Barisan ini terdiri dari game yang lucu sekaligus mendidik dan yang pasti, aman bagi si kecil. Ayo, siap-siap download di smartphone atau tablet Anda!

1. Angry Birds Space HD
Sempat muncul di daftar aplikasi terlaris untuk dewasa, game besutan Rovio ini juga masuk dalam kategori aplikasi terbaik untuk anak-anak. Angry Birds Space membawa suasana baru dalam perjalanan burung-burung lucu yang mukanya selalu cemberut itu dengan mengambil latar belakang di luar angkasa. Berbagai fitur dan tantangan baru pun melengkapi game yang dibuat sebanyak 130 level ini.

2. Trucks HD by Duck Duck Moose
Anak laki-laki akan suka game ini. Dalam game ini, si kecil akan diberi sejumlah tantangan seru, seperti mencuci mobil, mengendarai truk, menderek mobil dengan truk, atau memompa ban yang kempes. Dalam game ini juga terdapat beberapa animasi mobil-mobil lucu, seperti mobil penjual es krim, mobil pemadam kebakaran, sampai ambulans.

3. Numberlys
Aplikasi interaktif terbaru dari Moonbot Studios ini erhasil menanjak ke posisi ketiga. Aplikasi ini membantu si kecil mengenal huruf lewat animasi seru yang mencampurkan konsep buku, film, dan game.

4. Toca Hair Salon
Dalam Toca Hair Salon, si kecil diajarkan untuk mengelola salon sendiri dengan berbagai tugasnya, seperti memangkas, mewarnai, menyisir, dan mencukup rambut milik enam karakter imut-imut. Keenam karakter ini juga senang mengeluarkan ekspresi wajah dan suara lucu saat rambutnya ditata.

5. Little Fox Music Box
Little Fox Music Box memiliki lebih dari 100 elemen interaktif dan tiga jenis lagu. Bagus untuk anak-anak usia 2-6 tahun yang sedang belajar menyanyi dan membuat lagu sendiri. Dilengkapi dengan gambar-gambar menarik yang membuat si kecil lebih bersemangat.

6. Scribble Press
Dalam aplikasi ini, anak diajarkan untuk menjadi penulis dan illustrator dalam buku buatan sendiri. Anak dapat melatih kemampuan menulis lewat 50 template cerita dan menggambar dengan bantuan 500 pilihan menu menggambar. Anak juga dapat mengunggah hasil karyanya, bahkan memesan dalam bentuk hard copy yang dijual seharga AS$ 10.

7. Dr. Seuss’s the Cat in the Har Color & Create
Aplikasi mewarnai ini terinspirasi dari program televisi “The Cat in the Hat Knows a Lot About That!” Berbagai menu mewarnai yang mudah digunakan oleh anak-anak, termasuk efek khusus, dan berbagai tema lucu membuat si kecil betah berlama-lama dengan aplikasi ini.

8. Juno’s Piano
Anak sedang rajin belajar bermain piano? Maka aplikasi gratisan ini cocok bagi si kecil. Anak akan diajarkan serunya bermain piano secara digital oleh karakter Juno dari “Juno Baby and Juno Jr”. Dalam aplikasi ini, anak akan dibimbing oleh tuts yang dengan warna kelap-kelip yang membantu menunjukkan tuts mana yang harus ditekan.

9. The Fantastic Flying Books of Mr. Morris Lessmore
Aplikasi ini menggabungkan animasi komputer, miniatur, dan animasi 2D dalam format buku bacaan digital. Anak-anak yang senang membaca dongeng dijamin akan suka dengan cerita yang disajikan.

10. Super Why ABC Adventures: Alphabet
Jika anak sedang belajar membaca, aplikasi ini wajib tersedia di smartphone atau tablet Anda. Lima game interaktif di dalamnya membantu mengasah kemampuan membaca anak. Anak juga dapat belajar mengenai penggunaan huruf besar dan huruf kecil, susunan alphabet, serta menulis surat.

(rere/ade)