POLLING: Apa Sinetron Stripping yang Paling Membekas di Hati Anda?

sinetron-opt
TABLOIDBINTANG.COM -

RATUSAN sinetron stripping menghiasi layar kaca. Tapi tak semuanya sukses meraih rating tinggi sekaligus meninggalkan kesan. Kami penasaran, apa sinetron stripping yang paling membekas di hati Anda? Yuk ikuti pollingnya di sini.

Sinetron stripping atau sinetron harian sebenarnya bukan hal  baru bagi industri TV Indonesia. Era 90-an pun sudah ada sinetron harian. Hanya saja, kala itu belum berpatok pada rating. Sebut saja Tirai Sutra, Bias-Bias Kasih atau Aku Tak Berdosa yang tayang di Indosiar tiap Senin-Jumat pukul 18.00 WIB pada rentang 1995-1997. Episodenya tak panjang-panjang amat. Kalau pun sukses, ya dibuatkan sekuelnya. Seperti Noktah Merah Perkawinan (1996) yang berjumlah 28 episode. Karena dianggap sukses dan membuat Ayu Azhari mendapat Piala Vidia, dibuatkan sekuel. Itu pun ubah format menjadi sinetron mingguan.

Tahun 1998, Doaku Harapanku menjadi pelopor sinetron stripping Ramadhan. Sejak 1998, setiap tahun muncul sinetron harian yang tayang sebulan sebelum Ramadhan dan tamat seminggu setelah Lebaran. Itu dulu. Sekarang, rating menjadi patokan mutlak panjang pendeknya suatu sinetron. Sinetron yang digadang-gadang sebagai sinetron Ramadhan pun bisa beranak sampai ratusan episode jika ratingnya bagus. Sebut saja Islam KTP yang tayang menjelang Ramadhan 2010 dan berakhir setelah Lebaran 2011.

Kami telah mengumpulkan 30 judul sinetron harian yang sukses pada zamannya. Jumlah episode, rating, dan tingginya respon pembaca ketika sinetron berikut tayang, menjadi pertimbangan kami dalam memilih 30 judul untuk polling ini. Jadi jangan kaget jika ada sinetron yang menurut Anda bagus, atau sinetron Ramadhan yang jumlahnya sudah ditentukan tanpa melihat rating, tidak masuk daftar. Ke-30 judul ini semua memiliki jumlah episode di atas 100.

Jangan kaget jika ada perbedaan jumlah episode dengan Wikipedia, seperti pada sinetron Muslimah, Kasih dan Amara dan Terlanjur Cinta. Tanpa bermaksud meremehkan, kami menonton 3 sinetron itu hingga tamat dan mencatat total episodenya. Ada 2 judul, Pesantren & Rock n Roll dan Candy yang kami kesulitan mencari jumlah episodenya secara tepat. Satu lagi, semua sinetron yang masuk dalam daftar ini sudah tamat. Saatnya Anda memilih.

Dari 30 sinetron harian berikut ini, apa yang paling membekas atau meninggalkan kesan di hati Anda ?

(Ray/yb)

UPDATE: POLLING SUDAH DITUTUP

Hasilnya bisa dilihat di sini