Ponsel Wi-Fi Paling Murah

TABLOIDBINTANG.COM -

DI kota-kota besar seperti Jakarta, melihat orang mengoperasikan laptop di tempat-tempat umum, seperti kafe atau restoran, merupakan pemandangan biasa. Sambil minum secangkir kopi dan melahap kue hangat, mereka biasanya menjelajah dunia maya, entah itu untuk tujuan pekerjaan, bisnis, atau pun sekadar berkomunikasi di jejaring sosial.

Mereka bisa melakukan itu memanfaatkan fasilitas internet berbasis Wi-Fi (wireless fidelity). Wi-Fi teknologi nirkabel yang memungkinkan komputer desktop, laptop, ponsel, atau perangkat elektronik lainnya terkoneksi ke  jaringan internet, baik itu layanan internet gratis maupun  berbayar.

Saat ini ketersediaan Wi-Fi bisa dibilang tinggi. Kini dengan mudah bisa ditemukan titik-titik hotspot (tempat yang menyediakan akses Wi-Fi). Nah, banyaknya tempat buat mengakses Wi-Fi ini  mendorong banyak vendor ponsel membuat ponsel yang dilengkapi fitur Wi-Fi. Dulu, teknologi ini biasa ditanam di ponsel-ponsel mahal, namun belakangan ponsel kategori murah pun mulai mengadopsi teknologi ini. Mau tahu ponsel Wi-Fi mana saja yang terbilang murah itu?

Tiphone E 88
Di ponsel yang desainnya  menyerupai BlackBerry Bold ini, vendornya menanam teknologi EDGE dan WiFi untuk memberikan kemudahan akses internet kapan dan di mana saja, lengkap dengan beragam fitur multimedia seperti TV, pemutar audio video, FM radio, photo editor, dan dua buah kamera beresolusi 2 megapiksel. Tak ketinggalan dukungan chipset terbaru yang memungkinkan beragam aplikasi JAVA berjalan mulus. Ponsel ini juga dilengkapi sensor gerak, sehingga pengguna dapat memindahkan kanal radio dengan cara menggerakkan ponsel ke kiri atau ke kanan. Sistem dual GSM memungkinkan pelanggan mengaktifkan dua kartu sekaligus. Slot pertama untuk kartu Simpati dan slot kedua bisa diisi dengan provider lain. Harga ponsel ini sekitar Rp 999 ribu.

HT Mobile G33
Untuk mendukung akses Internet, ponsel berdimensi 112,5x61x13,5 mm dengan berat 130 gram ini dilengkapi dengan Wi-Fi. Tak cuma Wi-Fi ada juga koneksi  GPRS hingga EDGE. Dari segi multimedia, selain dual camera, HT G33 juga memiliki pemutar audio, video, dan radio FM. Untuk mendukung ini semua, HT menyiapkan memori internal yang cukup besar, 89,1 MB, yang bisa ditambahkan hingga 16 GB. Harga normal ponsel yang tubuhnya dilapisi frame metal ini Rp 799 ribu.

K Touch H999
Dibanding pendahulunya, K-Touch H888, H899, maupun H877, K-Touch H999 tak lagi didesain  dengan bentuk seperti BlackBerry. K-Touch H999 dibuat sedikit agak kaku dengan bentuk kotak. Soal teknologi, bisa dibilang ponsel penyempurna seri sebelumnya. Tengok saja, navigasi menunya sudah dilengkapi trackball dan dilengkapi pula tombol pilihan kartu SIM untuk menunjukkan kemampuan dual on GSM-GSM yang didukungnya. Di sektor koneksi, ponsel ini dibekali WiFi melengkapi Bluetooth dan kabel data yang menjadi sarana koneksi standar. Harga ponsel ini Rp 888 ribu.

SPC BOS-1000
Keunggulan ponsel yang desainnya mencomot konsep Nokia E71 adalah koneksi Wi-Fi, yang bisa dimanfaatkan untuk browsing internet secara gratis di areal hot spot Wi-Fi. Selain itu, ponsel ini juga menanamkan chipset TV Tunner serta network dual on GSM. Buat yang suka doyan nongkrong di situs jejaring sosial, di ponsel ini tersedia aplikasi client Facebook dan juga aplikasi chatting Yahoo! Messenger. Menariknya, ponsel ini juga sudah didukung platform Java J2ME. Jadi, pengguna ponsel  bisa menyuntikan berbagai aplikasi maupun game. Di sisi hiburan, ponsel ini dilengkapi dual camera (depan VGA, belakang 1,3 MP), radio FM dengan antena internal, audio/video player serta aplikasi  Moslem Prayer Alarm. Ponsel ini dijual di kisaran Rp 1-1,3 juta.