Persiapan Kalau Mau Buka Puasa di Luar Rumah

buka-puasa-diluar-rumah
Ilustrasi
TABLOIDBINTANG.COM -

Rencana berbuka puasa di luar rumah bersama keluarga atau rekan kerja pasti ada dalam jadwal Anda.

Tetapi, mendapat restoran tempat yang Anda tuju tidaklah semudah itu. Ingat, tidak hanya Anda yang ingin berbuka di restoran itu. Jadi akan ada persaingan ketat memperebutkan kursi dan meja. Jika tidak beruntung, Anda harus menyingkir dan cari tempat lain. Huhuhu, keburu lapar, deh.

  • Lakukan riset kecil-kecilan tentang restoran yang hendak dituju. Paling utama, apakah restoran menyediakan fasilitas musala atau dekat dengan tempat ibadah untuk melaksanakan salat magrib.
  • Booking tempat terlebih dulu. Saat buka puasa, biasanya nyaris semua restoran penuh diserbu pengunjung.
  • Jika tak sempat atau tak bisa memesan tempat di restoran, jangan datang menjelang waktu berbuka karena kemungkinan besar Anda tak kebagian tempat makan. Datang dua jam lebih awal dari jam buka puasa. Selain lebih leluasa memilih restoran, tak perlu takut kehabisan tempat.
  • Pilih restoran yang menyajikan takjil atau sajian ringan untuk berbuka puasa. Selain menghemat, Anda bisa memenuhi kriteria berbuka puasa dengan memakan yang manis-manis terlebih dahulu.
  • Bagaimana jika telanjur sampai di tempat dan tak kebagian tempat? Satu-satunya jalan, menunggu gelombang buka puasa surut. Belilah makanan dan minuman ringan untuk membatalkan puasa. Begitu azan magrib berkumandang, batalkan puasa, lalu salat magrib sambil menunggu restoran kosong.
  • Meski sudah mendapat tempat nyaman di restoran, ada baiknya Anda mendahulukan salat magrib ketimbang makan besar untuk menghindari musala yang terlalu penuh. Maklum, kecenderungannya tak hanya restoran, tetapi musala juga diserbu di saat bersamaan pada bulan puasa.
  • Jangan turuti “lapar mata”. Tidak perlu memesan makanan secara berlebihan karena hanya akan membuat Anda lemas dan sulit bergerak karena kekenyangan. Ingat, apa pun yang berlebihan tak baik. Selamat berbuka puasa!

(wida/adm)