Warung Kopi PURNAMA, Kedai Kopi Tertua di Bandung

Wakop-Purnama-bdg
TABLOIDBINTANG.COM -

PERABOT meja dan kursi kayu jati yang kami tempati masih sama dengan yang digunakan sejak tahun 40-an.

Suasananya hangat dan akrab. Tidak ada kesan angkuh. Saat sarapan, warung dipenuhi warga Bandung yang ingin mengisi perut sebelum beraktivitas.

Penyiar radio Tike Priatnakusumah menjagokan menu bubur ayam, susu murni telor dan roti saat bertandang ke Purnama. Sedangkan Ade Rai, biasa memesan telur setengah matang.

Bisa dibilang, ini warung kopi tertua di Bandung.

“Saya sendiri lupa kapan berdirinya. Tapi seingat saya sekitar 1920-an, di tahun itu Papa saya pindah dari Medan ke Bandung. Resepnya pun mungkin sudah berumur ratusan tahun, karena berawal dari kakek saya yang membuka kopi tiam (kedai kopi, red) di Medan,” jelas Lily, generasi ketiga yang meneruskan usaha yang dirintis ayahnya di kota Bandung.

Kopi yang digunakan pun kopi AROMA, kopi lokal yang cita rasanya digemari para penggila kopi. Warung yang buka sejak pukul setengah 7 pagi ini menyajikan roti kukus dan bakar dengan lebih dari 25 macam pilihan rasa.

Pilihan kami jatuh pada Roti Palm Suiker, yang mungkin menyimpan kenangan yang sama di benak Anda, karena sering disajikan sebagai menu sarapan di rumah semasa kecil. Selembar roti bertabur butiran gula palm (gula aren) halus yang manisnya terasa pas di lidah. Sarapan roti pun kian mantap dinikmati bersama segelas kopi panas.

Kalau bicara soal menu favorit, Roti Gulung Telur Ham cocok untuk Anda yang lebih senang roti dengan cita rasa asin. Roti lapis ham berselimut telur dadar ini cocok dilahap dengan cocolan saus sambal.

Namun perlu diingat, menu ham dan beberapa menu seperti sekba mengandung daging babi. Baiknya menanyakan sebelum memesan. Untuk pilihan menu yang lebih aman, bisa memilih pisang keju, nasi ayam, nasi sop buntut, nasi goreng, nasi soto bandung, nasi rawon, nasi timbel komplit, nasi gulai, gado-gado atau kentang sosis.

Tamu dari luar kota Bandung juga suka dengan Mie Kocok Jl. Alkateri yang berjualan dengan gerobak di depan warung. Gerobak milik Jamilah dan suami ini menyajikan mie kocok yang rasanya jempolan, berbekal resep sang ayah yang berpengalaman berjualan mie kocok sejak tahun 80-an.

Sederet nama artis seperti Meriam Bellina, pengacara kondang Hotman Paris hingga aktor tampan angkatan 90-an Ari Wibowo disebut pernah mampir dan mencicipi semangkuk mie kocok yang bisa Anda pesan dan santap di dalam Warung Kopi Purnama.

Warung Kopi Purnama

Jalan Alkateri 22 Bandung
T : 022-4201841
Buka : 06.30-18.30
Harga : Rp. 5.000-Rp. 15.000

(URBAN Style/gur)