Mengenal "Kyodo Ryori", Kuliner Khas dan Unik Asal Jepang

Jakjapan
TABLOIDBINTANG.COM -

KETIKA harus menyebut makanan yang identik dengan Jepang, kebanyakan orang pasti akan menjawab sushi, dorayaki, atau takoyaki.

Masih banyak yang tak familiar dengan jenis makanan khas lainnya yang berasal dari negeri Manga dan Anime ini.

Serupa dengan Indonesia, Jepang terdiri dari berbagai pulau dan memiliki sumber daya alam yang berbeda-beda. Tentu, ini menghasilkan produk makanan dan bahan pertanian, kehutanan dan perikanan yang tak sama pula.

Karena itu, negara ini memiliki istilah "Kyodo Ryori" atau masakan khas yang telah diwariskan melalui sejarah, budaya dan pola makan dan dikenal sangat cocok untuk iklim di setiap wilayah, terbuat dari bahan-bahan lokal yang ada.

Seperti Hokkaido yang terkenal dengan produksi Konbu, Sake, Edamame, Salmon, Nagaimo dan Beras Sake sedangkan daerah Tohoku yang cenderung menghasilkan bahan-bahan seperti ikan saba, kerang awabi, teripang, kerang hotate, dan ikan samma.

Daerah-daerah lain seperti Hokuriku, Kinki, Kanto, Chugoku dan Kyushu juga memiliki keistimewaan tersendiri dengan berbagai bahan yang sudah berhasil diekspor ke ratusan negara di dunia.

Karena banyaknya sumber daya alam dan makanan yang tersedia, setiap daerah memiliki kestimewaan dan ciri khas makanan tersendiri yang mungkin belum banyak dikenal kebanyakan orang.

DSC 8169Seperti diperkenalkan dalam acara puncak Jakarta Japan Matsuri 2013 di stand "Japan Culinary Week" di Monas, Minggu (8/9) serangkaian makanan khas daerah Jepang ditampilkan, antara lain:

Hokkaido - "Sanpei-jiru"
Makanan ini sudah dikenal sejak lebih dari 200 tahun lalu. Sanpei-Jiru merupakan jenis sup dengan ikan salmon, lobak, kentang, dan sayuran dibumbui kecap asin dan rumput laut.

Tohoku - "Sanma-no-surimi-jiru"
Makanan khas desa Iwate, daerah Tohoku ini telah dikenal selama 60 tahun. Bahan utama terdiri dari ikan Samma yang diolah menjadi bakso dilengkapi dengan sup miso atau sup rasa kecap asin.

Kanto - "Sanga-yaki"
Ikan yang ditangkap dari sis perairan Chiba dibuat menjadi sebuah makanan bernama namero yang kemudian ditempatkan di dalam kerang abalon dan dipanggang dan disebut dengan sanga-yaki.

Kinki - "Nishin-nasu"
Makanan khas Kinki ini juga merupakan favorit warga Kyoto. Sesuai namanya, nishin-nasu terbuat dari ikan nishin yang dicampurkan dengan terong (nasu), gula dan kecap asin.

Chugoku-Shikoku - "Kaki-meshi"
Makanan yang terdengar seperti sebutan yang tertuju pada kaki pemain sepakbola Messi ini merupakan olahan Tiram yang dimasak bersama nasi kukus dengan sayuran seperti wortel, akar-akaran, dan jamur kering shitake.

Kyushu-Okinawa - "Hiya-shiru"
Lalu dari Kyusuhu-Okinawa terdapat desa Miyazaki yang merupakan salah satu daerah yang menghasilkan makanan khas lezat. Hiya Shiru memiliki arti "sup dingin", yang tepat sekali untuk disajikan saat iklim panas. Makanan khas ini terbuat dari ikan Aji, tahu, ketimun, rumput laut dan dilengkapi miso.

Jadi, jika suatu hari Anda berkunjung ke pusat makanan khas Jepang, jangan lupa untuk mencicipi berbagai jenis masakkan khas Jepang lezat ini.

(tika/gur)

Foto-foto: Khairiyah Sartika