Kalahkan Rekor David Blane, Orang Indonesia Pecahkan Rekor Dunia Puasa 20 Hari Nonstop


Kalahkan Rekor David Blane, Orang Indonesia Pecahkan Rekor Dunia Puasa 20 Hari Nonstop

russel-miracle-ari
Russel Miracle saat mengumumkan rekor puasa 20 hari. (Ari/BI)
TABLOIDBINTANG.COM -

APA rasanya 20 hari tanpa makan dan minum? Saat ini, satu-satunya orang di dunia ini yang bisa menjawab pertanyaan tadi rasanya hanya pesulap asli Indonesia, Russel Miracle.

Yup, mantan kontestan ajang The Master (RCTI) itu baru saja memecahkan rekor dunia dengan berpuasa 20 hari nonstop. Selama 480 jam terhitung sejak Sejak 30 Agustus lalu, Russel hanya mendiami sebuah kotak kaca berukuran sekitar 2.5 x 1 x 1 meter persegi. Dalam sehari, dia hanya mendapat jatah waktu dua jam keluar dari kotak untuk melakukan aktivitas seperlunya, seperti buang hajat.

Atas aksinya kali ini, pria kelahiran Bali, 23 September 1987 itu berhasil  memecahkan rekor dunia yang sebelumnya dipegang oleh pesulap kenamaan asal Amerika, David Blaine. Pada 1999 silam David menahan lapar dan haus selama tujuh hari.

Meski terlihat amat tersiksa, pria yang sebelumnya pernah melakukan aksi berendam di dalam air selama 30 jam ini mengaku sangat bangga dengan apa yang telah dia lakukan.

"Siapa sih yang nggak kenal David Blaine. Sementara, siapa yang tahu saya, sekalipun di Indonesia. Pastinya saya bangga sekali," ungkap Russel sesaat setelah merampungkan aksi ekstremnya itu di Mall Artha Gading, Jakarta Utara, Minggu (19/9) .

Selama 20 hari tanpa makan dan minum membawa perubahan drastis pada penampilan fisik Russel. Bagaimana tidak, dalam kurun waktu tersebut, bobot tubuh yang sebelumnya 81 kilo susut hingga 15 kilo atau tinggal 66 kilo saja. Menurut Russel, yang paling berat dalam aksinya bukan soal menahan lapar dan haus. "Masalah utamanya itu psikologis. Rasa sakit karena nahan lapar lama-lama bisa hilang, tapi ujung-ujungnya ke psikologis lagi," tuturnya.

Menurut tim dokter yang mengawal aksinya, tanpa pasokan makanan dan minuman dalam jangka waktu yang begitu lama, tubuh Russel mengalami dehidrasi yang kerap membuatnya berhalusinasi.

(ari/ade)