"X Factor Indonesia": Saat Anggun Tampil Sepenuh Hati


"X Factor Indonesia": Saat Anggun Tampil Sepenuh Hati

Anggun x factor
Anggun tampil anggun (Foto: Seno/BI)
TABLOIDBINTANG.COM -

"Saya kecewa, Indonesia Belum Siap (memilih bakat)!"Kata Anggun kecewa ke arah penonton ketika kontestan asuhannya, Dicky Adam tersinggir di pekan pertama X Factor Indonesia.

Anggun pantas kecewa, pasalnya malam itu Dicky tampil menarik dengan 'vibe' berbeda di lagu lawas milik grup grunge Nirvana, "Smells Like Teen Spirit"."Bagi saya Dicky punya Factor X yang sangat besar," ulasnya.

Malam itu, Anggun membuktikan kedivaannya. Tampil sepenuh hati,  sebagai mentor dan sebagai juri. Ia membuktikan tidak perlu kata-kata pedas untuk menjadi juri yang menarik. Coba simak ketelitian Anggun. "Suara kamu nggak ada masalah, tapi gaya kamu kurang," koreksinya tanpa ragu pada Fatin yang punya pendukung seabrek.

Lalu Yohana yang dapat puja-puji disambutnya dengan kata-kata."Hati-hati dengan kontrol suara," katanya dengan sungguh-sungguh.Pekan sebelumnya, Ia mengoreksi Agus Hafiludin karena menyanyikan Kiss From A Rose dengan agak cadas. "Ini lagun cinta,  kamu seperti marah-marah."

Yang menarik dari penampilan Anggun adalah kesungguhannya dalam memberi arahan dan mengenali karakter para kontestan yang dilatihnya. Dia mengarahkan Gede Bagus, Mikha Angelo, dan Dicky Adam dengan lalu-lagu lama yang bernuansa baru, plus mengaransemen musik mereka.

Hingga pekan ini, ia selangkah di depan mentor lain. Sempurna? Anggun masih sama dengan juri lain yang membela kubunya. Tapi Anggun memberi pembelaan dengan cukup elegan. Santai dan mengena. "Bagus tampil dengan penghayatan berbeda. Jangan dengar kritik yang tidak membangun," katanya soal Bagus yang diramal banyak orang bakal gagal maju dan dikritik juri.

Saat Mikha juga dikritik,  Anggun pasang badan dengan kata-kata pas. "Ingat dia masih 15 tahun," kata Anggun seraya mengingatkan penonton dan juri lain yang menuntut terlalu tinggi.

Bagi penulis, Anggun menjadikan panggung X Factor Indonesia sebagai tempat berkarya tanpa lupa bersenang-senang. Kaget juga lihat dia menggoda dan saling ledek dengan Ahmad Dhani dan Bebi Romeo. Lama di Perancis tak lantas membuat ia asyik-asyik berbahasa Inggris, melainkan menyisipkan kata-kata bahasa Jawa.

Anggun memberi standar tinggi pada acara pencarian bakat, terutama dalam hal persaingan antar-diva di barisan juri. Dulu ada Titi DJ. Dan kelihatannya Anggun akan dibanding-bandingkan dengan performa Agnes Monica. Mana yang lebih unggul? Silakan menilai sendiri. Tapi itu sudah resiko profesi.

Yang pasti Anggun memberi sajian menarik lewat keseriusannya ketika memutuskan terlibat di acara ini. Kalau tiap minggu, para kontestannya mendapat aransemen sekeren pekan ini, rasanya akan menarik sekali sebagai bahan referensi penonton dan memacu juri lain. Meminjam kata-kata Bebi Romeo. "Nggak percuma Anggun lama di Perancis." Akur!.

(hari/yb)