BINTANG PALING BERKILAU 2013: Fatin Shidqia Lubis

berkilau-RYN 0250
Fatin (foto: Ryan/BI)
TABLOIDBINTANG.COM -

 

SAAT membahas kandidat Bintang Paling Berkilau 2013 beberapa bulan lalu dalam rapat redaksi, juara X Factor Indonesia (XFI) musim pertama, Fatin Shidqia Lubis (17), tercetus paling pertama.

Tidak dipungkiri, gadis Leo ini telah menjelma menjadi sosok yang begitu fenomenal, ikonik, mudah diingat. Terhadap apresiasi yang kami berikan, siswi SMAN 97 Jakarta mengucap syukur.

"Terimakasih banget dikasih penghargaan ini. Tapi, kayaknya aku baru sebentar keluar dari X Factor, tahu-tahu sudah dapat penghargaan tahunan," ucap Fatin yang menyempatkan diri datang ke Bintang untuk pemotretan, 9 Oktober lalu.

Ya, karier resmi Fatin memang baru berumur beberapa bulan saja. Dihitung sejak lepas dari X Factor pada 24 Mei 2013, sulung dari tiga bersaudara ini baru menjalani karier sebagai artis selama 5 bulan saja -- 6 bulan ketika tulisan ini terbit. Tapi, rezeki Fatin di dunia hiburan terbilang moncer.

Selain single debut "Aku Memilih Setia" yang berminggu-minggu menempati nomor satu di tangga lagu iTunes Indonesia, dua hari lepas ajang pencarian bakat milik Simon Cowell, pihak Rabbani sudah mendekati untuk segera menjadikannya brand ambassador.

"Takut keduluan (brand) yang lain, harus cepat," ungkap Alik Bachtiar, asisten manajer promosi dan event Rabbani, kepada kami. Alik kemudian menambahkan, keterlibatan Fatin sebagai brand ambassador secara signifikan meningkatkan citra dan penjualan Rabbani, khususnya produk-produk yang pernah dikenakan. Tidak salah Fatin bahkan diberi kesempatan membuat lini mode sendiri di Rabbani dengan nama FSL.

Ketika bertemu kami di awal Oktober pun, ternyata Fatin baru selesai syuting film perdananya, 99 Cahaya di Langit Eropa, di beberapa negara Eropa. Tidak pernah punya pengalaman akting--kecuali saat promo iklan ketika masih di X Factor, artis yang juga mengisi bagian soundtrack-nya cukup percaya diri beradu akting dengan Acha Septriasa yang senior.

"Sebenarnya susah, apalagi pas disuruh improvisasi. Beda dengan saat reading. Sekarang sudah sedikit mengerti, akting itu sebenarnya, ya, tampil senyata mungkin," simpul Fatin yang di sana mendapat wejangan dari Acha. "Aku, kan bilang kalau minder (berakting dan main film), tapi Kak Acha bilang jangan minder. Pemain-pemain lainnya juga baik"” tutur penyanyi yang masih kesulitan menghafal terlalu banyak lirik.

Sebagai bocoran, film yang diangkat dari novel bestseller karya Hanum Rais, putri kedua Amien Rais, akan tayang di bioskop di seluruh Indonesia pada akhir 2013 atau awal 2014.

Untung, kesibukan sebagai brand ambassador serta pengalaman mencicipi akting, tidak membuat Fatin melupakan akarnya. Di luar jadwal menyanyi on-air dan off-air yang begitu padat, bintang iklan IM-3 spesial Ramadan lega, album perdana For You -- bukti eksistensi sebagai penyanyi--sudah mulai dipasarkan dengan sistem pre-order selama Oktober 2013. Respons positif dari Fatinistic dan follower akun Twitternya, @FatinSL, yang telah mencapai satu juta lebih, membuat penyuka pizza tanpa jamur gembira.

"Baru tadi nge-tweet (9/10), sudah ada yang respons, harus nabung nih. Senang banget," tutur Fatin yang selanjutnya akan menjual album di gerai KFC Indonesia, semringah.

Memiliki penggemar fanatik menjadi satu keuntungan Fatin. Karena apa pun yang dia hasilkan, akan direspons positif. Tapi, sahabat Mikha Angelo menolak dikatakan “memanfaatkan” penggemar. Kicauan di Twitternya pun sangat jarang berisikan "jualan". "Pernah ada yang bilang, kalau mau tahu aktivitas Fatin, jangan lihat Twitternya. Dia, mah kebanyakan curhat, hahaha," beber Fatin yang sering berkicau tentang masalah sepele, seperti, "susah download", "duh telat", atau "naik ojek".

"Aku kayak minta di-bully, ya nge-tweet begitu? Biarlah, penggemar boleh kok mengejek atau mencelaku, hehehe." Ah, justru itu yang membuat kamu makin dicintai penggemar, Ntin.

(wida/adm)