Dari 21 Boyband & Girlband Indonesia, Mana yang Berpotensi Menandingi SM*SH?


Dari 21 Boyband & Girlband Indonesia, Mana yang Berpotensi Menandingi SM*SH?

21-boyband
TABLOIDBINTANG.COM -

TIDAK bisa dipungkiri bahwa boyband dan girlband Indonesia sukses mendominasi industri musik nasional sepanjang tahun 2011.

Semua itu terjadi setelah SM*SH yang melempar single "I Heart You" pada Oktober 2010.

Kehadiran Rafael, Rangga, Morgan, Bisma, Dicky, Reza dan Ilham memberi warna baru pada blantika musik Indonesia. Sebelum kehadiran mereka, musik Indonesia didominasi band yang mengusung corak melayu. Perlahan tapi pasti, tren musik melayu tergeser oleh era boyband-girlband. Tiap bulan ada saja boyband atau girlband baru yang siap bersaing di industri ini.

Sebenarnya kemunculan boyband dan girlband di Indonesia selalu menimbulkan pro dan kontra. Pihak yang tidak suka, menganggap boyband dan girlband menjiplak kultur K-Pop. Sudah begitu, jika perform boyband dan girlband Indonesia masih sering lipsync.

Toh hal itu tidak menghalangi eksistensi mereka. Acara musik pagi macam InBox dan DahSyat, bahkan sampai acara bergengsi macam Festival Film Indonesia, pengisi acaranya boyband atau girlband.

Namun masih sulit menemukan boyband atau girlband yang posisinya sekuat SM*SH. Meski bukan fans, pasti Anda pernah dengar nama Bisma, Rafael atau Morgan. Sementara boyband dan girlband lain, well, jangankan tahu nama personel. Membedakan boyband A dan boyband B saja masih sulit.

Biar tidak bingung, berikut beberapa boyband dan girlband yang sedang eksis di Indonesia:

max-5-istMax 5
Sesuai namanya, Max 5 terdiri dari 5 orang cowok: Ficky Felary, Bayu Wangsa, Fendi Buccu, Reggie Gantira dan Taufik Hidayat. Boyband yang mengusung musik popdance ini bernaung di bawah Hits Record. Band yang terbentuk pada 2010 ini dikenal lewat single Cinta Rahasia. Mereka pernah punya reality show bertajuk MTV Boyband Diary yang tayang di Global TV.
nsg-star-dengan-formasi-baru-dok-istNSG Star
Awalnya, NSG Star terdiri dari Surya Lee, Gege, Ryan dan Anggara. September 2011, diketahui bahwa Ryan dan Surya meninggalkan kelompok ini. Bulan Oktober NSG mengumumkan 2 personel baru: Gahara dan Gantar. NSG Star pernah menuai kontroversi gara-gara sang produser membuat statement bahwa lagu Super Junior menjiplak lagu NSG, meski akhirnya sang produser menarik ucapannya.
super-9-boys-boyband-bambangSuper 9 Boyz (S9B)
Tujuh dari 9 personel boyband yang bernaung di bawah Nagaswara ini mengaku penggemar Super Junior. Mereka pernah tampil dalam acara komunitas ELF (fans Super Junior) di Indonesia. Boyband yang beranggotakan Muhammad Syalahuddin Al Pasha (Pasha), Nico Putra (Nico), Chris  Ian Dwiryanto (Chris), Fauzi Firdaus Imam Mustaqim (Fauzi), Satrio Wibowo (Tyo), Kosta Rio Sokhifao Zebua (Rio), Afrizal Syah Putra (Putra), Kelvin Vincentius Kosasih (Pincen), Steven Wang (Steven) ini melejit lewat lagu ACDC, yang merupakan cover version dari Asereje milik Las Ketchup.
xo-ix--bambangXO-IX
Secara gamblang, XO-IX mengakui bahwa mereka terinspirasi dari boyband luar: N Sync, Boyz II Men, Super Junior dan 2 PM. XO-IX yang merupakan kependekan dari Extra Ordinary Nine ini terdiri dari 9 personel: Nicky, Iras, Budi, Agoy, Lee, Kiki, Alwin, Hendra, dan Bobby. Selain ngetop lewat single Cukuplah Sudah, XO-IX juga pernah membintangi FTV SCTV.
hitz-markuatHITZ
Di usianya yang tidak bisa dibilang muda, Irwan Chandra (35) kembali ke dunia hiburan dengan membentuk boyband. Bersama Ferdinand Kwok (22), dan Lee Jeong Hoon (24, yang ini asli Korea), Irwan mendirikan boyband bernama Hitz. Single perdana yang bertajuk Yes 3x cukup dikenal di kalangan masyarakat.
treeji-boyband---gieTreeji
Treeji (baca: Triji) adalah kependekan dari nama personelnya: Tarra Budiman, Rizky Alatas dan Jiseph Hakim. Sejatinya 3 pesinetron ini muncul sebelum SM*SH, awal 2010, lewat single Tak Mungkin. Awalnya tidak main koreografi. Setelah demam boyband melanda, lagu Tak Mungkin diaransemen ulang jadi lebih ngebeat dan mereka pun menari.
dragon-boyz-istDragon Boyz
Melihat musik Indonesia tersihir tren boyband, Sunu Matta Band tak mau ketinggalan. Sunu memilih 5 cowok yang membentuk Dragon Boyz: Lucas Pujianto Longkuthoy, Harrimand Suhud Herdiansyah, Agus Hervin, Risa Firmansyah dan Purnama Alam Gerald. Mereka melambung bersama single Love You No More ciptaan Sunu. Dragon Boyz sempat tampil di acara bergengsi macam Pengumuman Nominasi Festival Film Indonesia 2011 dan Pemilihan Puteri Indonesia 2011.
3-in-1-ist3 In 1
Volland Humonggio (30) menguasai gerakan capoeira, taekwondo dan olahraga parkour. Tak heran ketika membentuk boyband 3 In 1, Volland bersama Stenly dan Kris banyak menampilkan gerakan akrobatik dibandingkan koreografi atau dance boyband lainnya. Menjuluki musik mereka dengan hip hop rasa pop, 3 In 1 dikenal lewat lagu Sexy.
mr-bee-gieMr. Bee
Single Let Me Go milik Mr. Bee konon sukses di tangga lagu radio daerah. Mr. Bee terdiri dari Bobby Rakhman (28), Kornelius Christian (23), Febry Pramanda (21), Edho Zell (24), dan Febrian Novanda (22). Bobby pernah membintangi sinetron Si Yoyo dan Cinta Fitri.
mikki-minniMikki Minni
Sejatinya Mikki dan Minni adalah "paket" boyband dan girlband yang lahir dari tangan Andika The Titans. Masing-masing terdiri dari 9 orang. Minni menyanyikan Never Let You Go, sementara Mikki menyanyikan jawabannya: I Don't Wanna Let You Go. Mikki beranggotakan Abednego Setya (Abedth), Adam Tamimi, Andy Prasetia Purtanda, Raja Oli Baruna, Mochammad Rayenda Rahmadia (Ray), Gaga Antariksa, Indra Permono, Hans Christian (Joy), dan Michael Phyllips Kumala (Mike). Sedangkan Minni terdiri dari:  Nidiya Valensia, Devina Damayanti, Riska N. Vitaloka (Cacha), Winda Agustina, Andi Madina (Dina), Shelvy Silviea Dewi H, Della Oktaviani (Adel), Salfa Novia Roza (Salfa), dan Deinara Permatasari (Dei).
7-icons-hono-bi7 Icons
7 Icons bisa dibilang sebagai pelopor girlband di era 2010 ke atas. Girlband beranggotakan PJ, Natly, Linzy, Vanila, Mezty, GC, dan A.Tee ini populer berkat tembang Playboy ciptaan Dewiq. Girlband yang mengusung electropop ini sempat membintangi serial drama bertajuk Go Go Girls yang tayang 2 season di Trans TV.
cherry-belle-bambang6Cherry Belle
Sejak tampil pertama di TV pada pertengahan 2011, nama Cherry Belle dengan cepat disukai publik. Single perdana bertajuk Dilema yang catchy langsung nyantol di telinga pendengar. Angel, Anisa, Cherly, Christy, Devi, Felly, Gigi, Ryn, dan Wenda ini telah meraih Best Digital Video versi Indigo Awards 2011 dan Girlband TerInBox versi InBox Awards 2011.
super-girlies-ist-docSuper Girlies
Lewat single Malu-Malu Mau, Supergirlies mencoba bersaing di ketatnya industri musik Indonesia. Opie Oktavia (20), Maya Riani Larasati (22), Restu Dewi Utami (21), Kinanti Mayrisa Kenanga (19), Sarah Farahdiba (18), Yuwi Dewi Hani Jayanty (20), dan Mega Selvia (20) mengaku berkiblat pada J-Pop (Japanese Pop), berbeda dengan girlband Indonesia lain yang cenderung mengikuti K-Pop.
tina-with-the-girl-panjiTina with D Girls
Tina Toon, penyanyi cilik yang kini telah remaja, tidak begitu beruntung tatkala comeback sebagai penyanyi solo. Pada Agustus 2011, Tina me-launching girlband bernama Tina with D Girls. Selain Tina, ada 4 personel: Della, Jessica, Juli dan Dina. Single pertama mereka berjudul Cinta Buta.
princess-girlbandPrincess
Kevin Aprillio menjajal jadi produser. Ia membentuk girlband Princess yang beranggotakan Alika, Elma, Ana, Rachel, dan Danita. Alika juga dikenal sebagai penyanyi solo yang pernah mendaur ulang lagu milik Kahitna. Single perdana Princess bertajuk Jangan Pergi.
5-bidadari-ist5 Bidadari
Awal 2010, 5 Bidadari menyapa penikmat musik Indonesia lewat single Aku Atau Dia. Beranggotakan Dinda, Iva, Ghivri, Wulan dan Devi, 5 Bidadari dituduh menjiplak Wonder Girls karena kemiripan koreo dan kostum dalam klip Aku Atau Dia. Anehnya, lagu Aku Atau Dia sempat masuk ke chart dangdut sebuah radio ibukota.
maskara-girlbandMaskara
Terdiri dari 4 cewek; Cynthia, Syana, Flo dan Adonia, Maskara mencoba eksis lewat single berjudul Boy. Maskara memproklamirkan diri mengusung pop dance dengan sentuhan R & B.
kilau-istKilau
Girlband yang satu ini terdiri dari beberapa penari profesional dan koreografer yang pernah mengiringi Krisdayanti dan Ruth Sahanaya. Poppy Zahari atau Poza, Dian Kusumastuti atau Dee,  Aridiastri Erningpraja atau Ai, dan Olin membawakan lagu Inikah Cinta milik M.E dengan aransemen baru.
blinkBlink
Blink terdiri dari Ify, Shilla, Sivia, Pricilla dan Febby. Selain memiliki single Sendiri Lagi, dalam penampilannya Blink kerap meng-cover lagu orang lain seperti Dengarkan Curhatku, Just The Way You Are dan Price Tag.
g-string-istString
Sejatinya nama girlband ini G-String. Namun karena dianggap mesum, girlband beranggotakan 5 cewek seksi ini ganti nama menjadi String. Memiliki 2 single berjudul Honey Bunny Sweety dan Sweet Olala.

JKT48--eka-

JKT48
Ini adalah sister group AKB48 dari Jepang. Mengadopsi konsep saudari tuanya di Jepang, girlband ini nantinya bakal lengkap berjumlah 48 gadis cantik yang tak hanya pandai menyanyi, tapi juga menari (terbayang betapa panggung akan penuh oleh cewek-cewek ini bila manggung nantinya.). Hingga tulisan ini dibuat, JKT 48 baru meloloskan 28 anggotanya. JKT48 dibentuk langsung oleh founder AKB48 Yashusi Akimoto alias Aki-P. Walau belum punya single atau diluncurkan resmi, JKT 48 sudah memnbintangi iklan produk minuman asal Jepang. Tahun depan, JKT 48 bisa menjadi saingan berat bagi girlband yang berkiblat pada K-Pop.

Menurut Anda, siapakah dari deretan boyband dan girlband ini yang bisa menyaingi SM*SH?

(ray/ade)