Cerita Anak Langitan

cerita-anak-langitan
TABLOIDBINTANG.COM -

RCTI - Senin-Jumat pukul 16.15 WIB

Ramadhan 1432 Hijriyah semakin dekat. RCTI mencuri start menayangkan program spesial Ramadhan lebih awal. Mulai Senin (18/7) kemarin, RCTI menampilkan Cerita Anak Langitan.

Cerita Anak Langitan lebih mirip sketsa ketimbang sinetron. Program berdurasi 45 menit ini berisi ajaran hadits dan Qur’an. Pemerannya ada artis sinetron anak seperti Umay, Akbar (kakaknya Baim) juga ustadz yang sering tampil di TV seperti ustadz Subkhi Al Bughury, Ustadz Solmed (Sholeh Mahmoed) sampai ustadz Hariri.

Sebagai anak-anak, wajar jika mereka salah mengartikan hadits atau ayat Qur’an. Serial ini akan mempertunjukkan dengan contoh-contoh nyata yang ada di kehidupan sehari-hari.

Tayangan produksi Lunar Films ini dikemas dengan ringan, dan bisa mengundang senyum Anda. Hadir setiap Senin-Jumat pukul 16.15 WIB.

Berikut sinopsis episode hari ini seperti yang kami dapat dari situs resmi RCTI:

Episode 2 :

1. Mimpi Buruk

"Barang siapa yang bermimpi buruk, maka menengoklah ke sebelah kiri, lalu baca istighfar 3 kali dan meludahlah 3 kali. Karena sesungguhnya mimpi buruk itu berasal dari syaithon. (Al Hadits)"

Umay yang bermimpi buruk meludah tiga kali ke samping kanan. Tapi saat itu ada Akbar, sehingga Akbar marah. Umay jelasin tentang hadits dari ustadz. Pas giliran akbar yang mimpi buruk, Akbar hendak meludah ke kanan. Tapi Umay sudah lebih dahulu memakai helm.

2. Merangkak

"Seandainya manusia itu tahu apa yang ada di dalam sholat berjamaah pada waktu isya dan subuh, niscaya mereka akan mendatanginya meskipun dengan merangkak.(HR.Bukhori-Muslim)"

Masjid sepi kalau solat subuh, sehingga Ustadz menyampaikan hadits tsb. Pas solat subuh, Umay dan Akbar mengajak orang-orang yang sudah tua  ke masjid meskipun dengan merangkak. Padahal orang-orang tua itu ada yang sedang sakit pinggang.

3. Stock Pahala Masih Saldo

"Barang siapa solat isya berjamaah maka ia seperti solat setengah malam, dan barang siapa solat subuh berjamaah, maka seolah-olah ia solat sepanjang malam (HR Muslim)."

Mentang-mentang habis solat subuh yang pahalanya bagai sholat sepanjang malam, Umay dan Akbar gak mau sholat dzuhur karena pahala sholatnya masih saldo. Keduanya tidur di serambi masjid. Karena Ustadz kesulitan membangunkannya, Gentar menyiram tubuh Umay dan Akbar. Saat Ustadz menyuruh sholat, ada saja alasan Umay dan Akbar. Gak ada ini dan itu, seperti baju, kopiah, tasbih dll. Tapi ustadz ternyata memberikan apa saja yang diinginkn Umay dan Akbar agar keduanya bisa sholat. Ustadz sudah kayak toserba, menyediakan semua yang diminta Umay dan Akbar!

4. Salah Tolong Orang

"Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya". (Q.S. Al-Maidah: 2)"

Ustadz menjelaskan sebuah dalil tentang tolong menolong. Umay, Akbar dan lainnya membantu menolong orang-orang yang dikira pindahan rumah. Padahal orang-orang itu ternyata sekawanan maling!! Mau nolong tapi salah tolong orang!!

5. Masuk Masjid Dengan Kaki Kanan

"Termasuk sunnah, apabila engkau masuk masjid, untuk mendahulukan kakimu yang kanan dan apabila engkau keluar, dahulukan kaki kirimu." (HR. Hakim)

Ketika ceramah, Ustadz menyampaikan bahwa hadits di atas. Umay dkk saling tunjuk satu sama lain, gak mau mengakui kalau masuk masjid sering pakai kaki kiri dulu. Maka esoknya, ketika anak-anak masuk masjid, semua masuk pakai kaki kanan, tapi gayanya kayak orang pincang karena masuk pakai satu kaki saja, kaki kanan. Ustadz geleng-geleng kepala.

6. Gara-Gara Bau Bawang

"Siapa orangnya yang makan bawang merah atau bawang putih dan daun kucai (semacam bawang), maka janganlah memasuki masjid kami (umat islam). Maka sesungguhnya para malaikat merasa terganggu sebagaimana manusia, kerena makanan tersebut.(HR. Muslim)"

Umay mengusir siapa saja yang masuk masjid tetapi bau bawang. Ternyata semua jamaah diusir, yang berarti bau bawang. Pak Ustadz bingung, karena dia yang gak makan bawang disangka Umay makan bawang. Ustadz kesal dan menunjuk tumpukkan bawang di dekat Umay, yang ternyata bawang2 milik pedagang yang lagi mampir sholat di masjid.

7. Doa Orang Teraniaya

"Hadist: Takutlah terhadap doa orang yang teraniaya/terdzholimi, karena tidak ada penghalang antaranya dan Alloh. (HR. Tirmidzi)"

Umay ngambek kepada kedua orang tuanya kerena dia tidak belikan sepeda, namun ia bersama teman-temannya dapat ide setelah curhat ke Ustadz. Tentang doa orang yang teraniaya paling di-ijabah oleh Allah SWT. benar saja, di sebuah tempat Umay dipukuli oleh Akbar, Audrik dan Gentar. Agar Umay termasuk orang yang teraniaya. Umay babak belur, namun belum berdoa Bapak Umay udah bawa sepeda.  Ustadz menjelaskan : benar doa orang teraniaya dijabah oleh Allah SWT. tapi bukan yang dibuat-buat seperti Umay. Umay nyesel kenapa harus pakai dipukuli segala... karena saking semangatnya Umay langsung menaiki sepeda hingga terjatuh ke dalam selokan.

(ray/gur)