“Echoes”, Menguak Sisi Personal Anggun


“Echoes”, Menguak Sisi Personal Anggun

anggun-echoes-cover1
TABLOIDBINTANG.COM -

TIGA tahun absen rekaman, Anggun kini hadir dengan album terbarunya. Album bertitel Echoes ini menghadirkan nuansa yang berbeda dari album sebelumnya, Elevation (2008).

Sentuhan hip-hop yang kental dalam Elevation kini berganti dengan nuansa pop yang lembut. Dalam single pertamanya, Only Love, kelembutan ini ditampilkan melalui kisah cinta tanpa syarat, unconditional love, yang bagi Anggun merupakan wujud kesetiaan seorang wanita terhadap pasangannya.

Bagi Anggun, Echoes tak ubahnya seperti buku diary yang siap menggoreskan berbagai kisah –sedih dan senang- yang terjadi di setiap perjalanan hidupnya.

Untuk lebih mengentalkan sisi personal dalam albumnya, Anggun bahkan turun tangan sebagai produser dalam naungan labelnya sendiri, April Earth. Nama Echoes pun dipilih sebagai perwujudan dari gema kehidupannya sehari-hari.

“Lirik dalam album ini seperti gema di kehidupan saya dan teman-teman saya. Penulis itu pencuri profesional, karena lirik yang saya buat itu berdasarkan cerita dari siapa saja,” kata Anggun saat ditemui dalam peluncuran album ini di Oriental Mandarin Hotel Jakarta, Jumat (27/5).

Album ini terdiri dari 12 lagu, plus 5 bonus track. Only Love, single pertama yang diluncurkan, juga dipilih sebagai jingle iklan shampo Pantene, dimana Anggun menjabat sebagai brand ambassador selama beberapa tahun belakangan.

Sejumlah musisi turut membantunya dalam pembuatan album ini, seperti Gioacchino, Pierre Jaconelli, Jean-Pierre Pilot, dan William Rousseau.

Dibutuhkan waktu nyaris dua tahun untuk merampungkan album ini. Tak hanya dijegal jadwal manggungnya yang padat, Anggun mengaku benar-benar ingin memadatkan unsur personal dalam albumnya ini.

“Dulu album saya lebih hip-hop, sekarang lebih pop dan ada paduan orkestra. Aku senang karena semua musik yang aku suka ada di sini,” tandasnya.

Dalam album ini yang mana lagu favorit Anggun?

“Saya suka Rollercoaster, karena lagunya seksi sekali,” ungkapnya.

(rere/gur)