Crime Time, Animasi Berdurasi Pendek yang Ratingnya Tinggi

Crime-Time-m-
TABLOIDBINTANG.COM -

MNCTV kian memperkuat slot early primetime dengan program animasi.

Setelah Shaun The Sheep, Sweet Lambs, Oscar’s Oasis, Ooglies, dan Vicky & Johnny yang pernah menduduki rating 10 besar, kini hadir animasi Crime Time yang bahkan pernah meraih posisi 1.

Crime Time merupakan animasi bisu dengan durasi 90 sampai 180 detik di setiap episodenya. Bercerita tentang seorang laki-laki bernama Shifty yang berprofesi sebagai kriminal. Mencuri sudah menjadi pekerjaannya sehari-hari.

Secara garis besar, alur ceritanya memiliki pola yang sama. Shifty merencanakan kejahatan. Ia berhasil mendapatkan apa yang dia incar, tapi buntutnya malah ketiban sial.

Pernah suatu kali Shifty mencuri lukisan antik yang sedang dilelang di sebuah kastil tua. Shifty menyamar jadi hantu, membuat tamu undangan yang hadir lari terbirit-birit karena ketakutan.

Ketika Shifty berhasil mendapatkan lukisan yang diincar, ia malah ketakutan sendiri karena lukisan itu bisa bergerak alias berhantu. Shifty kabur dengan tangan kosong.

Episode lain menunjukkan Shifty mencuri mobil, yang ternyata di dalamnya ada bayi dari si pemilik mobil. Shifty pun rela merawatnya. Merasakan terkena kotoran bayi dan terbangun karena bayi rewel. Tak sanggup merawat bayi itu, Shifty meninggalkan si bayi di pintu pos polisi.

Setelah meletakkan si bayi, Shifty melihat pengumuman bahwa orangtua bayi rela bayar jutaan dolar jika ada yang mengembalikan anaknya. Apes, deh.

Serial produksi bersama Amerika Serikat-India ini pertama tayang akhir 2008, dengan jumlah 120 episode. Animasi yang mengombinasikan teknologi animasi CGI dan flash ini diproduseri oleh Jay Zaveri dan Steven Kasper di bawah bendera Future Thought Productions, serta disutradarai oleh Nassos Vakalis.

Di Indonesia, pekan lalu selama 3 hari berturut-turut (30 Maret-1 April), Crime Time sukses memuncaki rating AGB Nielsen. Berdasarkan data AGB Nielsen Rabu (4/4), Crime Time menempati posisi 2 dengan TVR 5,2 dan share 21,7.

Apa yang membuat animasi ini digemari di sini? Crime Time sedikit berbeda dengan animasi MNCTV pendahulunya. Jika Oscar’s Oasis atau Shaun The Sheep lebih fokus pada binatang, Crime Time mengisahkan sosok manusia. Tokoh utamanya pun bukan orang baik atau pahlawan layaknya kebanyakan animasi, tapi penjahat licik yang selalu mengalami sial setelah melakukan kejahatan.

Well, sepertinya Crime Time bakal mengikuti jejak Oscar’s Oasis atau Shaun The Sheep yang meski sudah ditayang ulang tetap meraih rating dan share yang tinggi.

Crime Time tayang setiap hari di MNCTV mulai pukul 18.45 WIB.

(ray/gur)