ONE DIRECTION Melampaui Pencapaian The Beatles dan The Rolling Stones


ONE DIRECTION Melampaui Pencapaian The Beatles dan The Rolling Stones

one-direction
TABLOIDBINTANG.COM -

Era ‘90-an bermunculan boy band dalam jumlah yang sangat masif. Saking banyaknya, era itu kerap disebut sebagai era keemasan boy band.

Namun memasuki milenium baru, kegemilangan boy band mulai pudar. Popularitas ‘N Sync, Backstreet Boys, Five atau pun 98 Degrees tergerus penyanyi pop solo, band post punk, dan band pengusung emo yang bermunculan ketika itu. 

Setelah itu, konstelasi musik internasional, terutama di Amerika Serikat, nyaris tak pernah lagi dilanda histeria boy band. Kendati kelompok vokal model ini eksis di belahan dunia lain -- terutama Korea, Jepang dan belakangan Indonesia. Namun, seperti sebuah siklus, tren musik pun berulang. Dan kini, setelah lebih dari satu dekade, boy band mulai (kembali) menginvasi scene musik Barat.

Indikator kebangkitan ini bisa dilihat dari tangga lagu yang mulai dijajah boy band. Tengok saja, ada The Wanted, boy band yang beranggotakan Max George, Siva Kaneswaran, Jay McGuiness, Tom Parker, dan Nathan Sykes , memarkir singel “Glad You Came” di posisi ketiga tangga lagu Billboard Top 100 AS. Big Time Rush kini juga digilai remaja AS. Selain dua boy band itu, ada One Direction. Kiprah boy band yang digawangi Niall Zayn Malik (19), Louis Tomlinson (20), Liam Payne (18), and Niall Horan (18) ini bahkan lebih hebat.
Album debut mereka, Up All Night, yang di AS dirilis 13 Maret lalu, saat ini memuncaki 200 besar tangga album bergengsi Billboard AS setelah terjual 176.000 keping dalam waktu sepekan. Up All Night menggeser album dua pemusik besar, 21 milik Adele dan The Hunter-nya Bruce Springsteen.

Prestasi mencengangkan ini membuat mereka mencatatkan diri sebagai artis Inggris pertama yang memasuki Billboard dan langsung melesat ke posisi puncak dengan album perdana. Bahkan di awal kariernya band legendaris macam The Beatles atau pun The Rolling Stones tak pernah mengguratkan prestasi sefenomenal ini. “Kami kehilangan kata-kata ketika tahu menjadi band Inggris pertama yang album debutnya langsung berada di nomor satu. Ini seperti sebuah mimpi. Kami ingin berterima kasih kepada semuanya, setiap penggemar kami di AS yang membeli album kami. Kami juga ingin berterima kasih kepada publik Amerika yang sangat mendukung kami,” kata Niall. Selain Billboard, album Up All Night juga bercokol sebagai album paling laris di toko musik digital di AS, di negaranya asal Inggris, dan juga di berbagai negara Eropa. "Glad You Came" juga menembus posisi bergengsi berbagai tangga lagu.