'Belum Cukup Umur', Life Begin at Sixteen


'Belum Cukup Umur', Life Begin at Sixteen

TABLOIDBINTANG.COM -

FILM ini hanya berdurasi 77 menit untuk menuturkan problematika tiga karakter utamanya. Nayato tak mau bertele-tele menyuarakan pesan Viva Westi, karena alur ceritanya harus disampaikan dengan lincah, ringkas.

Aya (Joanna Alexandra) duduk di kloset. Dengan hati berdebar ia meletakkan test pack di dekat organ vitalnya. Belum sempat melihat hasilnya, ibunya (Inong) masuk dan memperingatkan putrinya agar bergegas. Usai interupsi dari Mamanya, Aya melihat test pack yang jatuh di dekat kakinya.

Hasilnya? Positif. Aya menduga, dua ruas merah di test pack adalah hasil perbuatannya dengan Ares (Zidni Adam Jawas). Mendengar kenyataan ini, Brenda (Mentari) marah besar. Selama ini, Brenda menyimpan cinta untuk Ares. Aya-Ares-Brenda mencari solusi. Salah satunya, menggugurkan kandungan Aya.

Mereka sampai di Parung, setelah mendapat referensi dari beberapa orang bahwa di sana ada bidan, dokter, dan dukun beranak yang bersedia melakukan aborsi. Bermodal 2,2 juta rupiah, ketiganya bergerilya dari satu dokter ke dokter berikutnya. Hasilnya nihil. Tak ada yang mau. Kalau pun ada sang dokter minta bujet 5 juta rupiah. Aya menyerah dan bertekad membesarkan bayinya. Ada atau tanpa suami.

Ketika hendak membicarakan kehamilannya, Aya mendapat kabar mengejutkan. Berdasarkan hasil test pack, ibunya positif hamil. Tak terbayang, Aya dan ibunya sama-sama berbadan dua.

Cerita cinta remaja seringkali berakhir bahagia. Film berjudul Belum Cukup Umur (BCU) ini akan memenuhi harapan Anda. Tapi, cara yang ditempuh Westi agak berbeda. Inilah yang disebut kejutan kecil menjelang akhir.

Nayato konsisten dengan gambar teduh remang-remang. Kaca berair, hujan rintik-rintik, semburat mendung, dan pakem pencahayaan yang terpendar di genangan air, jendela kafe, maupun kaca gerobak penjual makanan. Cara ini menimbulkan kesan, BCU kaya akan warna.

Joanna, Zidni, dan Mentari tampil dominan dengan karakter yang dibuat baku. Aya polos, cenderung manja. Ares mirip Aya kecuali sifat manjanya. Brenda lebih menonjol karena sifat keras dan pola pikir sistematis.

Tiga bintang muda ini tidak memainkan pepesan kosong. Mereka menambahkan nasihat yang dikemas seperti sedang menyampaikan testimoni. Hidup tidak dimulai di usia 40 atau 35. Juga tidak di usia 17. Ketika menerima pengalaman berharga dan Anda merasa terlecut, dari situ hidup dimulai. Aya terlecut setelah menjajal area sensual di usia 16. Sejak itu, ia berjanji lebih menghargai hidup dan tubuhnya sendiri. Aya’s life begin at sixteen. 

(wyn/gur)